Wakil Ketua Umum Apeksi Tekankan Pentingnya Kerja Sama Internasional

  • Whatsapp
Wakil Ketua Umum Apeksi, yang juga merupakan Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat menyampaikan materinya pada agenda round table mayor's discussion recovery economic post pandemic, di Makasar, Jumat (15/10/2021). (Foto: Istimewa)

60DTK, Makasar – Di tengah masa sulit seperti ini, banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk mendongkrak perekonomian daerah.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Bidang Pemerintahan dan Otonom, Marten Taha mengatakan, saat ini perlu ada strategi khusus untuk mengembalikan kesejahteraan masyarakat.

Bacaan Lainnya
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha pada agenda round table mayor’s discussion  recovery economic post pandemic covid-19, di Makasar, Jumat (15/10/2021). (Foto: Istimewa)

“Kerja sama internasional ini bagi kita kota-kota di Indonesia ini sangat penting, kenapa? Karena tidak ada kota yang bisa sendirian,” ungkap Marten Taha yang juga Wali Kota Gorontalo itu saat pada agenda round table mayor’s discussion recovery economic post pandemic di Makasar, Jumat (15/10/2021).

Kerja sama pemerintah daerah dengan luar negeri, kata Marten tentu saja sudah dilandasi dengan undang-undang dan peraturan pemerintah. Hal ini sebagai langkah mewujudkan tujuan penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan percepatan pembangunan.

“Kerja sama dengan pemerintah luar negeri ini sudah tertuang di dalam Undang-Undang 23 tentang Pemerintahan Daerah, kemudian Peraturan Pemerintah Nomor 10 tentang Tata Cara Pinjaman Luar Negeri dan Penerimaan Hibah itu ada di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 28 tentang Kerja Sama Daerah,” jelas Marten.

“Kemudian Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 5 tahun 2020 tentang Tata Cara Menjalin Kerja Sama. Jadi kita sudah ada panduan tentang bagaimana melaksanakan kerja sama pemerintah daerah dengan luar negeri,” tukasnya. (adv)

 

Pewarta: Hendra Setiawan

Pos terkait