Wakil Rakyat Kota Gorontalo di Deprov, Ada 6 Wajah Baru

  • Whatsapp
Hasil rekapituasi Pemilu 2019 untuk Deprov Gorontalo Dapil I, Kota Gorontalo (Foto - Gopos.id)

60DTK-GORONTALO – Berdasarkan hasil rekapitulasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, dari 8 kursi yang diperebutkan untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi (Deprov) Gorontalo daerah pemilihan (dapil) I Kota Gorontalo, 6 di antaranya didominasi wajah baru, dan hanya 2 caleg yang diisi para petahana, yakni Fikram Salilama dari Partai Golkar, dan A.W Thalib dari Partai Persatuan Pembangunan.

Sementara 6 wajah baru yang melenggang ke ‘Legislatif Puncak Botu’ dari Kota Gorontalo yakni Meyke Camaru (Golkar), Adhan Dambea (PAN), Indriani Dunda (NasDem), Arifin Ali (PDIP), Erwinsyah Ismail (Demokrat), serta Sulyanto Pateda (Gerindra).

Baca juga : Caleg Dekot Gorontalo Dapil III Yang Lolos Ke DPRD Kota

Keenam figur tersebut mampu mendulang suara signifikan dan menumbangkan para caleg petahana yang kembali bertarung. Yakni Helmi Adam Nento (PKS), Haspida Tadjudin (Hanura), Marwan Ngiu (Golkar), dan Mansur Detuage (Demokrat).

Di sisi lain, pertarungan Pemilu 2019 ini juga memupuskan harapan bagi PKS dan Hanura untuk mengutus wakilnya di Deprov Gorontalo dari dapil I. Kedua parpol tersebut gagal melanjutkan prestasi yang pernah ditorehkan sejak Pemilu 2009 silam.

Pada Pemilu 2009, PKS berhasil meraih 1 kursi dan mengutus wakilnya Abdurrahman Abubakar Bachmid, dan kemudian berulang pada Pemilu 2014.

Begitu pula yang terjadi pada Partai Hanura. Tampil kali pertama pada Pemilu 2009, Hanura mampu mencuri perhatian dengan meraih satu kursi dari Dapil I. Tien Suharti Mobiliu menjadi wakil pertama Partai Hanura untuk Deprov Gorontalo dari dapil I. Lalu pada pemilu 2014, partai besutan Jenderal (Purn) Wiranto itu mampu kembali bersinar.

Namun semua itu tak bertahan, dan tergantikan oleh wajah – wajah baru yang kini berlenggang di Deprov Gorontalo. (rds/rls)

Sumber : Gopos.id

Pos terkait