Waspada Banjir yang Kedua Kali, Warga Kelurahan Bugis Mulai Ungsikan Diri

60DTK, Gorontalo – Belajar dari pengalaman banjir sebelumnya, masyarakat Kota Gorontalo mulai lebih waspada. Pasalnya, seharian ini diguyur hujan deras, para masyarakat ini mulai mengangkut barang-barangnya ke tempat yang dinilai tidak akan terjangkau banjir.

Bahkan, ada juga yang sudah mengungsikan diri, meski air pun belum terlampau tinggi seperti sebelumnya.

Hasan Utina misalnya. Seorang warga Kelurahan Bugis, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo ini sudah mengamankan barang-barang dan pakaiannya ke tempat yang lebih tinggi. Ia mengaku hal itu Ia lakukan untuk antisipasi jika saja banjir kembali melanda.

Baca juga: Banjir Dan Tanah Longsor, Seorang Warga Kelurahan Pilolodaa Terluka

“Sudah angkat barang ke atas, so (sudah) manimpang (atur) semua. Harus waspada. Kemarin torang (kita) hanya acuh tak acuh waktu air so kencang,” ungkap Hasan kepada awak media 60dtk, Jumat (3/07/2020).

Warga Kelurahan Bugis, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo, yang mulai mengamankan barang-barang pribadinya ke tempat yang lebih tinggi, Jumat (3/07/2020). (Foto – Hendra 60dtk)

Ia juga mengungkapkan, meski arus air yang ada di sungai Bone berbeda dengan sebelumnya, dirinya tetap akan waspada dan siaga, mengingat banjir beberapa waktu lalu juga terjadi secara tiba-tiba.

Bo (hanya) ini tidak bergelombang. Ini Alhamdulillah so waspada, so manimpang ke atas,” jelasnya.

Baca juga: Banjir Di Mohungo Boalemo Rendam 140 Rumah Warga

Hingga berita ini naik, deras air di sungai Bone sudah meluap di Kelurahan Bugis. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah siaga di lokasi.

 

Pewarta: Hendra Setiawan