Yang Lagi Cari Kerja, Nih..McDonald’s Lagi Buka Loker Untuk Warga Gorontalo

60DTK – Gorontalo: McDonald’s adalah restoran siap saji terbesar di dunia, dan telah membuka beberapa gerainya di Indonesia dari tahun 1991. Keberhasilan McDonald’s bertahan dalam dunia persaingan restoran di Indonesia menjadikan perusahaan waralaba ini terus membuka cabang-cabangnya di setiap daerah yang tersebar di Indonesia, khususnya di wilayah di Gorontalo.

Rencana pembukaan cabang di Gorontalo yang akan dilaksanakan oleh McDOnald’s ini dibenarkan oleh pihak Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Gorontalo. Bahwa pihak McDonald’s telah menghubungi Disnakertrans untuk menjalin kerjasama dalam hal perekrutan karyawan.

Posisi karyawan yang akan dibuka oleh McDonald’s sendiri meliputi crew sebanyak 50-60 orang dan trainee manager sebanyak 8-10 orang yang akan ditempatkan di gerai McDonald’s Gorontalo nanti.

Persyaratan yang dilampirkan pun meliputi: Surat Lamaran ke PT. Rekso Nasional Food, Fotocopy Ijazah dan transkip nilai, Curiculum Vitae, Fotocopy KTP, Pas Foto warna 4×6, dan kartu pencari kerja.

Disnakertrans sendiri menyebutkan, surat permintaan dari pihak McDonald’s telah masuk sedari tanggal 2 Desember 2019 kemarin, untuk membuka lowongan pekerjaan sekaligus batas pemasukan berkas dari tanggal 4 Desember – 11 Desember dan proses interview pada tanggal 12 Desember.

Persyaratan lamaran pekerjaan ke McDonald’s. Sumber Foto: Disnakertrans Gorontalo

Namun, mengingat waktu dan pelaksanaan perekrutan terlalu cepat, dan pihak Disnakertrans harus memberitahukan terkait lowongan pekerjaan tadi ke setiap Dinas Ketenagakerjaan kabupaten/kota yang membutuhkan waktu yang lumayan lama. Makanya terjalin kesepakatan antara Disnakertrans dan pihak McDonald’s memperpanjang waktu pendaftaran dan batas pemasukan berkas dari tanggal 5 Desember hingga 31 Desember mendatang, dan proses interview akan dilakukan pada awal Januari 2020.

Persyaratan lamaran posisi crew di McDonald’s. Sumber Foto: Disnakertrans Gorontalo.

Kepala Bidang Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Amir Hadju mengatakan, bahwa proses pembukaan lowongan ini pekerjaan yang dilaksanakan oleh pihak McDonald’s lebih mengutamakan orang lokal dari jenjang lulusan SMA/SMK sederajat hingga lulusan sarjana S1.

“Lowongan yang akan dibuka oleh McDonald’s mengutamakan SDM yang ada di daerah Gorontalo, makanya mereka meminta kami untuk membantu mereka dalam hal membuka lowongan pekerjaan. Dan untuk kepastian kapan akan dibangun restorannya belum kami tahu,” ujar Amir saat dihubungi wartawan 60dtk.com via telepon, Rabu (4/12/2019).

Ia juga mengatakan, keberadaan McDonald’s dengan mengutamakan tenaga lokal untuk bekerja dalam posisi crew dan manager punya dampak yang positif bagi daerah Gorontalo khususnya. Karena bisa membantu mengurangi angka pengangguran, terutama untuk wilayah perkotaan. Dalam data yang kami punya wilayah Kota Gorontalo banyak masyarakat yang tidak punya pekerjaan, apalagi lulusan sarjana yang baru selesai dari kampusnya.

“Ini sebenarnya peluang, apalagi posisi Manager dibuka untuk lulusan sarjana. Ini bisa membantu mereka mendapatkan pekerjaan, dan turut mendorong angka pengangguran dikalangan sarjana di Gorontalo menurun,” kata Amir via telepon.

Penulis: Zulkifli M.

Comments are closed.