144 Calon Kades di Kabgor Ikut Ujian Tertulis

60DTK-Kab. Gorontalo: Sebanyak 114 calon kepala desa di Kabupaten Gorontalo mengikuti ujian seleksi tertulis yang berlangsung di SMP Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo, Minggu (06/10).

Selain menguji kualitas para calon Kepala Desa, ujian seleksi ini dilaksanakan guna memperkecil jumlah calon. Pasalnya, dari 76 desa yang akan mengikuti Pilkades serentak pada 26 Oktober nanti, diharuskan hanya memiliki Lima orang calon. Namun, 17 desa diantaranya memiliki calon yang lebih dari lima orang.

Sekrataris Daerah Kabupaten Gorontalo Hadijah U. Tayeb berharap, calon kepala desa dapat mengikuti seluruh tahapan seleksi dengan sebaik-baiknya, termasuk ujian tertulis hingga wawancara yang akan dilaksanakan besok, Senin (07/10).

“Ini dilakukan supaya tidak menimbulkan celah dan mengakibatkan hal-hal yang kita tidak inginkan. Setelah tahapan-tahapan ini dilaksanakan, kemudian direkap dan diserahkan kepada panitia,” ujar Hadija yang juga selaku ketua panitia seleksi calon Kepala Desa.

Hadijah juga menjelaskan, sejauh ini pemerintah telah berupaya menjalankan semua tahapan seleksi calon kepala desa dengan baik, bahkan sesuai mekanisme dan tuntutan aturan yang tertuang dalam perundang-undangan yang berlaku.

“Bagi kami, siapapun yang terpilih itu sudah digariskan oleh tuhan yang maha esa. Jadi, silahkan bersaing dengan sehat dan mengikuti tahapan dengan kemampuan masing,” tukasnya.(adv)


Penulis: Andrianto Sanga

Editor: Kasim Amir

Comments are closed.