18 Pedagang Ikan di Kabgor Terima Sepeda Motor Berkotak Pendingin

60DTK, Gorontalo – 18 orang pedagang ikan keliling di Kabupaten Gorontalo yang selama ini hanya menggunakan sepeda untuk berjualan, mendapatkan bantuan sepeda motor berkotak pendingin dari Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Selain bantuan tersebut, ada juga bantuan kotak pendingin ikan sebanyak delapan unit. Jika dirupiahkan, bantuan melalui program Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Gorontalo itu masing-masing yakni 18 unit sepeda motor berkotak pendingin senilai Rp403.200.000 dan delapan unit kotak pendingin senilai Rp21.920.500.

“Jadi sudah sejak 2014 saya mengganti tukang jual ikan yang menggunakan sepeda dengan motor seperti ini. Tahun ini kurang lebih 100 unit, tiap tahun kita anggarkan,” jelas Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pada kegiatan Bakti Sosial NKRI Peduli di Kecamatan Telaga Biru, Rabu (14/10/2020).

Pada kesempatan itu, Rusli berbagi cerita bahwa Ia pernah bertemu dengan seorang pedagang ikan keliling di Kabila yang sudah berusia 70 tahun. Pedagang itu menggunakan sepeda untuk berjualan selama 30 tahun.

Dalam kesehariannya kata Rusli, pedagang itu hanya mampu membawa sedikit ikan karena merasa lelah. Itulah kenapa Ia suka menggunakan sepeda motor untuk membawa ikan sampai ke tempat yang lebih jauh.

”Jadi saya punya pemikiran bahwa ikan ini harus sampai ke bukit, ke gunung-gunung, sawah-sawah yang jauh dari laut, agar masyarakat kita bisa mengkonsumsi ikan yang segar karena sudah dilengkapi dengan coolbox, ada esnya dan juga murah,” ujar Rusli.

Kepada penerima bantuan, Rusli berpesan agar motor coolbox ini digunakan sesuai peruntukannya.

Selain bantuan untuk pedagang ikan keliling, Rusli pada kesempatan itu juga menyerahkan 1.400 paket bantuan kebutuhan pokok bersubsidi untuk warga yang terdampak Covid-19 Kecamatan Telaga Biru. Bantuan pangan pangan terdiri dari minyak goreng, telur, beras, bawang putih, bawang merah,dan rica.

Rusli yang didampingi Ketua TPKK Provinsi Gorontalo yang juga anggota DPR RI Komisi VII Idah Syahidah, turut membagikan masker sebagai pencegahan penyebaran Covid-19. (adv)

Sumber: humas.gorontaloprov.go.id