2 Putra Gorontalo Jadi Pimpinan di Senayan

60DTK-Politik: Dua putra daerah Gorontalo dipilih sebagai pimpinan badan legislatif di Senayan. Kedua putra daerah itu masing-masing ialah Fadel Muhammad dan Rachmat Gobel.

Fadel Muhammad terpilih menjadi pimpinan Majelis Permusyawarat Rakyat (MPR) dari unsur DPD RI. Pemilihan mantan Gubernur Gorontalo itu dilakukan melalui mekansime perhitungan suara atau voting.

Sementara itu, Rachmat Gobel terpilih sebagai Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Partai NasDem. Diketuhai, Rachmat Gobel dilantik pada tanggal 1 Oktober 2019 kemarin.

Berikut ini adalah biografi singkat dua putra Gorontalo yang duduk sebagai pimpinan di Senayan:

  1. Fadel Muhammad

Dalam Kabinet Indonesia Bersatu II, Fadel menduduki jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan dengan masa jabatan 2009 sampai 2014. Sebelum menjabat sebagai menteri di kepemimpinan Presiden SBY, Fadel menjabat sebagai Gubernur Gorontalo dua periode.

Selain itu, Sarjana Teknik Fisika di ITB ini sukses sebagai pengusaha dan politikus berpengaruh. Fadel merupakan salah satu pendiri Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) serta pernah menjabat sebagai pengurus inti DPP Partai Golkar dari tahun 1989 sampai 2004.

  1. Rachmat Gobel

Dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo, Rachmat Gobel menduduki jabatan Menteri Perdagangan dengan masa jabatan 2014 sampai 2015. Selain itu, Rachmat juga pernah ditunjuk menjadi anggota Komite Inovasi Nasional oleh Mantan Presiden SBY karena keahliann dalam berbisnis.

Sebelum berkecimpung dalam dunia politik, Rachmat Gobel merupakan pebisni sukses. Diketahui, lulusan Ilmu Perdagangan Internasional University of Tokyo merupakan CEO Gobel Group dan memegang sejumlah posisi tertinggi di perusahaan dan instansi lain, diantaranya pernah menjadi Komisaris PT. Smart TBK.

(rds/60dtk)

Comments are closed.