3 Orang Tewas Akibat Kebakaran Hutan di California Utara

60DTK, Internasional – Pihak berwenang menyatakan sedikitnya tiga orang tewas, termasuk seorang warga sipil, dalam kebakaran hutan yang berkecamuk di bagian utara California dan mengancam puluhan ribu rumah.

Sherif Solano County Thomas A. Ferrara mengumumkan kematian pertama seorang lelaki warga sipil pada hari Kamis (20/8), tetapi tidak memberi rincian lanjutan.

Puluhan kebakaran besar memaksa puluhan ribu warga mengungsi dari rumah mereka di Kawasan Teluk San Francisco, daerah penghasil anggur dan beberapa bagian Sierra Nevada.

Seorang pegawai perusahaan gas dan listrik Pacific Gas & Electric yang sedang membantu pembersihan kawasan ditemukan tewas pada hari Rabu (19/8) di dalam kendaraan di Vacaville, daerah di antara San Francisco dan Sacramento. Seorang pilot yang bertugas dalam misi pemadaman di California Tengah tewas, Rabu (19/8), ketika helikopternya jatuh.

Lebih dari 20 kebakaran besar berkobar di California dan menguras kemampuan pemadaman negara bagian itu. Kebakaran dipicu oleh hampir 11 ribu sambaran petir dalam beberapa hari, sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Kebakaran itu telah menghancurkan 175 bangunan, termasuk rumah, dan mengancam 50 ribu lainnya, kata Daniel Berlant, asisten wakil direktur Departemen Kehutanan dan Perlindungan dari Kebakaran negara bagian California. Secara keseluruhan, 33 warga sipil dan petugas pemadam cedera.Sedikitnya dua orang dikabarkan hilang.

Sumber: VOA Indonesia