Diwarnai Kartu Merah, Timnas Indonesia Jadi Kampiun di Kamboja

0

60DTK – OLAHRAGA : Timnas Indonesia berhasil keluar sebagai juara dalam turnamen Piala AFF U-22 Tahun 2019 yang berlangsung di Kamboja.

Hasil itu dipastikan setelah partai final Indonesia mampu menundukan Thailand dengan skor 2-1 di  National Stadiun, Pnom Penh, Kamboja pada Selasa, (26/2/2019).

Dua gol Indonesia pada final itu diciptakan oleh Sani Rizki (59′) dan Osvaldo Hay (64′) serta satu gol Thailand dicetak oleh Saringkan Promsupa (57′).

Sejak awal babak pertama, baik Indonesia maupun Thailand berusaha untuk menguasai jalannya pertandingan. Hal itu terbukti dengan beberapa peluang emas dari kedua tim. Namun hingga turun minum, skor kaca mata tetap bertahan.

Gemuruh suara suporter akhirnya pecah pada babak kedua. Sang kapten Thailand  Saringkan Promsupa berhasil merobek jala gawang Indonesia yang di kawal oleh Awan Setho pada menit 57.

Pasukan Garuda Muda tidak tinggal diam saja. Dua menit setelah kebobolan, Sani Rizki mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Gol itu membuat Timnas Indonesia semakin gencar melakukan serangan. Osvaldo Hay menjadi pencetak gol kemenangan Indonesia. Pada menit 64, memanfaatkan umpan dari skema tendangan bebas yang dieksekusi oleh Luthfi Kamal, sundulan Osvaldo Hay tidak dapat dihalau oleh penjaga gawang Thailand.

Meskipun Bagas Adi mendapatkan kartu merah tiga menit jelang berakhirnya waktu normal, tim asuhan Indra Sjafri mampu mempertahankan keunggulan hingga peluit berakhirnya babak kedua berbunyi.

Kemenangan atas Thailand ini tidak hanya mengantarkan Indonesia menjadi kampiun. Tetapi juga memperbaiki rekor pertemuan di babak final menjadi 3-8. Selain itu, Trofi Piala AFF U-22 menjadi persembahan kedua pelatih Indra Sjafri untuk pecinta sepak bola Indonesia. Sebelumnya, Indra pernah meraih trofi bersama Timnas U-19 pada 2013 silam.

Penulis : Andrianto Sanga
Editor    : Kasim A.

Tinggalkan Balasan