Ada 2.999 Hewan Kurban yang Disembelih di Kabgor Pada Iduladha 1442

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Sebanyak 2.999 hewan kurban disembelih pada perayaan Iduladha 1442 di Kabupaten Gorontalo, Selasa (20/02/2021). Ribuan hewan kurban ini terdiri dari 2.960 ekor sapi, dan 39 ekor kambing.

“Data yang masuk ke kita sampai dengan hari Senin ada sebanyak 2.999 hewan kurban yang disembelih,” ungkap Kabag Kesra Kabupaten Gorontalo, Muliyadi Domili, saat diwawancarai, Senin (19/07/2021).

Penyembelihan hewan kurban pada saat perayaan Iduladha. (Foto: giripurwo-purwosari.desa.id)

Menurut Mulyadi, dari 19 kecamatan yang ada di daerah setempat, Kecamatan Telaga Biru menjadi wilayah yang paling banyak menyembelih hewan kurban, dengan jumlah kurang lebih 286 ekor sapi dan kambing.

expo

Lebih lanjut, Ia menuturkan bahwa seluruh hewan kurban di Kabupaten Gorontalo ini tidak akan disembelih secara serentak pada hari ini. Penyembelihan dilakukan bertahap, guna menghindari terjadi kerumunan saat pembagian daging, yang bisa saja berpotensi menimbulkan penularan covid-19.

“Kemungkinan pelaksanaan pemotongan akan berlangsung selama tiga hari ke depan,” tutupnya.

Terpisah, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gorontalo, Femmy Wati Umar kembali menuturkan bahwa satu bulan sebelum perayaan Iduladha pihaknya telah melakukan pemeriksaan penyuntikan vaksin antraks terhadap hewan kurban, khususnya yang ada di wilayah endemi.

Bahkan pada hari ini, kata Femmy, pihaknya kembali turun lapangan untuk melakukan pemeriksaan daging hewan kurban di sejumlah titik seperti Masjid Agung Baiturrahman Limboto dan Polda Gorontalo.

“Kami yakin hewan kurban ini aman dikonsumsi karena sudah kami lakukan pemeriksaan sesuai SOP. Tadi juga dari hasil pemeriksaan di Masjid Agung dan Polda Gorontalo, dagingnya aman dikonsumsi,” tandasnya.

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles