Ariston: Serapan Anggaran Pembangunan Fisik di Setiap OPD Sudah 45 Persen

  • Whatsapp
Suasana rapat Komisi C dengan sejumlah OPD yang menjadi mitra kerja. Kegiatan ini berlangsung di Kantor DPRD Kota Gorontalo, Selasa (12/07/2022). (Foto: Andi 60dtk)

60DTK, Kota Gorontalo – Penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Gorontalo tahun 2022 yang dikhususkan untuk program pembangunan fisik hingga saat ini sudah mencapai 45 persen.

Ini diungkakan oleh Wakil Ketua Komisi C, Ariston Tilameo setelah Komisi C DPRD Kota Gorontalo melaksanakan rapat evaluasi kinerja sejumlah organisasi pemerintah daerah (OPD) yang menjadi mitra kerja mereka, Selasa (12/07/2022).

Bacaan Lainnya

“Serapan anggaran untuk fisik, keseluruhan OPD itu penyerapan anggarannya sudah 45 persen,” beber Ariston.

Meski sudah cukup tinggi, Ariston menuturkan bahwa pihaknya menilai presentasi itu masih sedikit rendah. Sebab menurut mereka, harusnya penyerapan anggaran pada pertengahan tahun 2022 ini sudah 50 persen.

“Jadi masih ada deviasi sekitar 5 persen. Tapi 45 persen itu sudah lumayan menurut kami,” ujar Ariston.

MenuAPBDrut Politisi PDIP tersebut, ada beberapa hal yang menjadi penyebab serapan keuangan mitra kerja mereka belum mencapai setengah dari total yang dianggarkan. Pelaksanaan program dan kegiatan yang baru dimulai sekitar bulan Maret dan April menjAPBDadi salah satu di antaranya.

“Jadi kami minta penyerapan anggaran ini segera dipacu. Apalagi dana PEN ada deadline waktu, serapannya harus 90 persen pada September nanti,” pungkas Ariston. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait