ASN Pemprov Gorontalo Kini Wajib Swab Antigen Setiap Pekan

  • Whatsapp
Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie didampingi Wagub Gorontalo, Idris Rahim, saat memimpin rapat koordinasi dan evaluasi pimpinan OPD di Aula Rujab, Senin (17/05/2021). (Foto: Alfred, Kominfo)

60DTK, Gorontalo – Buntut dari rendahnya tes covid-19 di Provinsi Gorontalo membuat Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie mengeluarkan kebijakan baru. Ia mewajibkan semua aparaturnya untuk di-swab antigen seminggu sekali setiap hari Senin. Dinas Kesehatan diminta turun untuk menindaklanjuti arahan tersebut.

“Mulai dari Gubernur, Wagub, Sekda, sampai PTT, wajib swab antigen. Jadi Pak Sekda buat tertulis (kebijakan ini) dan tembusannya ke BNPB,” tegas Rusli saat memimpin rapat koordinasi dan evaluasi bersama pimpinan OPD, Senin (17/05/2021).

Bacaan Lainnya

Baca juga: Pendam Keinginan Mudik ke Solo, Rusli: Saya Harus Patuh Aturan Pemerintah

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie didampingi Wagub Gorontalo, Idris Rahim, saat memimpin rapat koordinasi dan evaluasi pimpinan OPD di Aula Rujab, Senin (17/05/2021). (Foto: Alfred, Kominfo)

Rusli pun meminta semua pimpinan OPD ikut menyukseskan kebijakan tersebut. Setiap pelaksanaan swab antigen, mereka juga diminta untuk mengisi absen dan melakukan pelaporan secara berkala.

Menurut gubernur dua periode itu, laporan kasus covid-19 yang dirilis setiap hari menjadi tidak ada artinya jika tidak diimbangi dengan pengujian ‘testing’, penelusuran ‘tracking’, dan perawatan ‘treatment’ yang intensif. Rusli mengaku gerah laporan kasus kabupaten dan kota terhitung kecil karena uji spesimen yang rendah.

Baca juga: Jelang Kejurnas Offroad, IOF Gorontalo Gelar Latihan Bersama

“Ini zona merah, kuning, hijau percuma semua kalau tes dan tracking kita rendah. Justru yang begini yang bahaya kita orang tanpa gejala (OTG) yang tidak terdeteksi dan berpotensi menularkan ke orang lain,” imbuhnya. (adv)

 

Sumber: Gorontaloprov.go.id

Pos terkait