Bakar Sampah di Lahan Kosong, Rumah Warga Nyaris Ikut Terbakar

  • Whatsapp
Lahan pohon aren di kompleks Toko Makro, Kota Gorontalo, yang terbakar akibat pembakaran sampah, Kamis (6/02/2020). (Foto - Hendra 60dtk)

60DTK-Gorontalo: Sebuah lahan di kompleks Toko Makro, Kota Gorontalo, terbakar hingga nyaris merambat ke rumah warga, Kamis (6/02/2020). Diketahui, kebakaran itu terjadi akibat pembakaran sampah di sekitar lahan tersebut.

Kepala Seksi Damkar Provinsi Gorontalo, Mahmud Rizal Daipahadi menuturkan, kebakaran ini bermula ketika ada seorang warga yang membakar sampah di lahan kosong. Memang, di awal proses pembakaran, keadaan masih aman – aman saja. Namun, beberapa menit kemudian, karena pengaruh angin kencang dan tidak lagi diawasi oleh warga yang membakar sampah itu, api kian membesar hingga merambat ke lahan pohon aren dekat tempat pembakaran tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Baca juga: Korban Kebakaran Desa Toto Utara Terima Sandang Pangan Dari BPBD Gorontalo

“Info dari masyarakat, bahwa api terjadi karena salah seorang warga yang membakar sampah, kemudian tidak dijaga, akibatnya pada saat ditinggalkan api tersebut merambat dan membakar lahan di sekitar,” jelas Rizal.

Dalam penanganan kebakaran tersebut, Rizal mengungkapkan pihaknya melibatkan tiga instansi, yakni Damkar Bone Bolango, Damkar Kota Gorontalo, dan Damkar Provinsi, serta di-backup oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Baca juga: Gagal Panen, Kebakaran, Dan Kurangnya Air Bersih Dampak Kemarau Yang Dirasakan Masyarakat

“Dalam penanganan ini, kami libatkan 3 instansi, yaitu Damkar Bone Bolango, kota, dan provinsi, dan di-backup BPBD,” lanjutnya.

Hingga saat ini, belum bisa dipastikan berapa kerugian akibat kebakaran ini. Sementara itu, Polres Kota Selatan sudah menangani warga yang membakar sampah hingga memicu kebakaran tersebut.

 

Pewarta: Hendra Setiawan

Pos terkait