Bank Indonesia Ajak Masyarakat Gorontalo Beralih ke Pembayaran Non Tunai

0

60DTK – Gorontalo : Bank Indonesia saat ini terus menggalakkan gerakan non tunai. Bahkan ketika Asisten Direktur Departemen elektronifikasi dan keuangan inklusif Bank Indonesia Rommy Sariu Tamawiwy datang ke Gorontalo, Kamis (13/9/2018) dirinya tidak lupa mengajak masyarakat untuk beralih menggunaakn pembayaran non tunai.

Menurut Rommy, Banyak manfaat yang akan didapat masyarakat jika beralih menggunakan pembayaran non tunai. Antara lain, masyarakat tidak perlu repot – repot membawa uang kertas dalam jumlah banyak, keamanan yang terjamin, mencegah pencucian uang, serta pelaporan pengeluaran uang yang jelas.

“Membantu usaha pencegahan dan identifikasi kejahatan kriminal, kalau saya mengistilahkan non tunai ini memproteksi saya. Tidak ada fitnah tentang saya, karena semua yang masuk di saya tercatat. Juga tidak ada istilah money loundry. Issue tentang anti pencucian dan pendanaan terorisme, karena semuanya bisa ditelusuri, uang itu darimana dan menuju kemana, semuanya bisa ditelusuri dan menggampangkan kita semua” kata Rommy Sariu Tamawiwy,

Pembayaran non tunai ini berupa kartu kredit, kartu debit maupun e-money. Bank Indonesia terus mendorong industri perbankan agar mensosialisasikan kepada masyarakat khususnya nasabah mereka mengenai transaksi non tunai ini.

Jika pihak perbangkan yang melakukan sosialisasi, pasti informasi tersebut akan cepat berkembang di seluruh masyarakat.(rds)

Tinggalkan Balasan