Bone Bolango Dapat Kucuran Anggaran Sebesar Rp440 Miliar untuk Program Strategis

  • Whatsapp
Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba saat mengikuti Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, di Kantor Bupati Bone Bolango, Senin (02/03/2020). Foto : Nova/Humas.

60DTK – Bone Bolango :  Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, mendapat kucuran anggaran program strategis sebesar Rp440 miliar dengan rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp367,7 miliar dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp72,6 miliar.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, pada Rapat Koordinasi dan Evaluasi antara Pemerintah Provinsi Gorontalo dengan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango yang berlangsung di Kantor Bupati Bone Bolango, Senin (02/03/2020).

Bacaan Lainnya

“Tahun 2020, anggaran yang dikucurkan untuk Kabupaten Bone Bolango sebesar 440 miliar baik yang APBN maupun APBD. Angka ini jauh signifikan, bahkan tahun sebelumnya itu hanya kurang lebih 150 miliar. Tahun ini meningkat 400 persen”, ungkap Darda.

Peningkatan angka itu kata Darda, tidak lepas dari kerjasama semua pihak termasuk Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Bupati yang punya kepedulian untuk membangun infrastruktur di Bone Bolango. Semua alokasi anggaran tersebut, nantinya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Bone Bolango.

“Kami turut bergembira bahwa semua laporan dari OPD masing-masing, bahwa selama ini koordinasinya kita cukup baik. Terbukti tadi sinkronisasi programnya tadi cukup cepat”, ucap Darda.

Diketahui, APBD Provinsi Gorontalo paling besar dialokasikan ke Dinas PUPR yakni Rp32,4 miliar. Anggaran itu nantinya digunakan untuk Jembatan Molingtogupo, pembangunan drainase kompleks perkantoran Provinsi Gorontalo, lanjutan pembangunan pagar Blok Plan Perkantoran Provinsi Gorontalo serta beberapa program lainnya.

Untuk program di sektor pendidikan berada di posisi kedua dengan besaran anggaran Rp14,9 miliar, dan disusul oleh sektor kesehatan sebesar Rp10,3 miliar.

Selain itu melalui Dinas Sosial, Pemerintah Provinsi Gorontalo mengalokasikan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk 2.109 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) serta pasar murah melalui Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan kepada 1.500 KPM sebanyak 10 kali. (adv)

 

Pos terkait