Bupati Tulungagung Meninjau Warga Pantai Sine

60DTK, Tulungagung – Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, bersama Anggota Forkopimda meninjau kondisi warga Pantai Sine, Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir yang terkena Banjir Rob, Kamis (28/05/2020). Saat ini kondisi warga setempat yang mayoritas bekerja sebagai nelayan ini tidak bisa lagi melaut.

Meski tidak ada korban jiwa, kerugian diperkirakan mencapai jutaan rupiah. sehingga memantik perhatian Bupati Tulungagung untuk memberikan bantuan paket sembako kepada 20 warga yang terdampak. Bupati berharap bantuan yang diberikan ini bisa mengurangi beban warga yang kini juga kehilangan pendapatan karena tidak bisa melaut.

Baca Juga: Sinergitas 3 Pilar Di Tulungagung, Serahkan Bantuan Sembako

“Banjir rob yang terjadi di Tulungagung merupakan siklus tahunan. Banjir rob ini di pengaruhi oleh kondisi lempengan bumi di perairan laut Australia. Namun, banjir rob kali ini lebih parah jika dibanding tahun lalu. Sebab, dari pantauanya tidak hanya membuat permukiman warga tergenang air laut, tetapi juga merusak dinding rumah milik warga. seperti rumah milik warga bernama Munip yang dinding rumahnya jebol akibat terjangan ombak,” jelas Maryoto, Bupati Tulungagung.

Guna mengantisipasi Banjir Rob susulan, pihaknya langsung memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menurunkan 2000 sandbag untuk dijadikan tanggul darurat. Tanggul tersebut dijadikan penahan agar gelombang pasang tidak menerjang pemukiman warga lagi. (rls)

 

Pewarta: Firda Danava