Coklit Data Pemilih di Bone Bolango Sudah Rampung

60DTK, Bone Bolango – Sejak dimulai tanggal 15 Juli lalu, Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango sudah rampung 100 persen, Rabu (12/8/2020).

“Alhamdulillah sebelum tahapan Coklit selesai, pencoklitan yang dilakukan oleh PPDP sudah selesai 100 persen,” ujar Anggota KPU Bone Bolango Devisi Perencanaan Data dan Informasi, Humairoh Tipuwo.

Proses Coklit tersebut terdiri dari 350 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 165 Desa/Kelurahan dan 18 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Bone Bolango.

“Ada beberapa wilayah yang sulit di jangkau untuk menemui warga pada proses pencoklitan. Contohnya masyarakat yang bermukim di Dusun Waolo, Desa Molotabu, Kecamatan Kabila Bone yang menjadi wilayah terkahir pelaksanaan proses Coklit,” jelas Humairoh.

Akses menuju ke wilayah Waolo harus ditempuh dengan jarak lebih kurang enam kilometer berjalan kaki. Jarak rumah ke rumah pun kurang lebih 500 meter hingga satu kilometer. Meski demikian, semua itu dilalui dan berhasil dilakukan oleh tim PPDP.

“Alhamdulillah, walaupun banyak kendala, semua bisa dilalui dan presentase coklit di Kabupaten Bone Bolango selesai 100 persen”, tukasnya.

Ia berharap, semua masyarakat yang sudah selesai di Coklit oleh petugas, agar menggunakan hak pilihanya pada di 9 Desember 2020 nanti. (adv/hms)