Dapat Restu dari Golkar-PKS, Abdul Munib-Niko Siap Lawan Petahana

60DTK, Blitar – Desas-desus munculnya pasangan Abdul Munib-Niko Bagus Kurniawan yang beredar di media sosial untuk maju di pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blitar tahun 2020 akhirnya terjawab.

Jawaban ini muncul, setelah Partai Golkar dan PKS secara serentak resmi mengumumkan rekomendasinya kepada pasangan Abdul Munid-Niko Bagus Kurniawan pada hari Sabtu (29/8/2020) di Surabaya.

Baca Juga: Lawan Petahana, Pasangan Abdul Aziz-Kang Sugik Siap Pasang Badan

Hal tersebut atas dasar rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golongan Karya (Golkar) mengeluarkan surat keputusan nomor : SKEP-309/DPP/GOLKAR/VIII/2020 yang ditandatangani Ketua Airlangga Hariarto dan Sekretaris Lodewijk F Paulus tertanggal (28/8) dan ditetapkan di Jakarta.

Golkar
Ketua DPP Partai Golkar, Airlangga Hariarto (tengah) Pada Kegiatan Penyerahan Surat Keputusan Pasangan Calon Partai Golkar, Pilkada Serentak 2020. (Foto: Istimewa)

 

Sedangkan untuk PKS, melalui Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Jawa Timur, Irwan Setiawan, menyampaikan rekomendasi kepada pasangan tersebut melalui Konsolidasi Nasional Pemenangan Pilkada 2020 yang dilakukan secara online pada Sabtu (29/8) kemarin.

Baca Juga: Dukung Rijanto-Marhenis, Nasdem Hengkang Dari Fraksi GPS?

Dengan demikian langkah pasangan Abdul Munib-Niko untuk mendaftarkan diri sebagai kontestan Pilbup Kabupaten Blitar tinggal menunggu deklarasi resmi dari Partai Kebangkitan Bangsa mengingat Abdul Munib saat ini adalah Ketua DPC PKB Kabupaten Blitar.

Namun begitu, untuk memastikan langkah PKB sendiri dalam menentukan sikap terkait rekomendasi dari Golkar, 60DTK mengklarifikasi kepada Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Blitar, Idris Marbawi. Melalui pesan, ia mengharapkan agar mengklarifikasi langsung kepada ketuanya.

“Ketua langsung Kang (red, Mas),” ucapnya, Minggu (30/8/2020).

Baca Juga: Golkar Optimis Nelson-Hendra Menangkan Pilkada Kabupaten Gorontalo

Guna memastikan apakah langkah Partai Gerindra juga bakal merapat ke pasangan Munib-Niko, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Blitar, Mujib SM belum bisa berkomentar banyak. Pihaknya juga masih menunggu instruksi dari DPP.

“Kami masih belum bisa berkomentar, juga masih menunggu informasi dari DPP. Nanti dikabari lagi ya terkait peresmiannya,” begitu jawaban singkatnya kepada 60DTK melalui medsosnya, Minggu (30/8/2020).

Pernyataan dukungan dari Golkar dan PKS ini langsung menutup spekulasi rekom yang beredar di kalangan umum tentang sikap PKB yang tinggal menghitung hari untuk mendeklarasikan pasangan Munib-Niko.

 

 

 

Pewarta: Achmad Zunaidi