Darda Daraba Buka Sosialisasi Aplikasi SRIKANDI

  • Whatsapp
Darda Daraba
Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba memberikan sambutan Sosialisasi Aplikasi SRIKANDI yang berlangsung di Bele Palengi Chalentik, Desa Dutohe, Kabupaten Bone Bolango, Kamis (7/4/2022). Foto: Istimewa.

60DTK, Gorontalo – Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, membuka Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SRIKANDI).

Sosialisasi yang di gelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Gorontalo itu, berlangsung di Bele Palengi Chalentik, Kamis (7/4/2022).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Darda Daraba mengapresiasi sosialisasi ini. Ia menilai, di era digitalisasi saat ini membuat pemerintah senantiasa tanggap dan cepat dalam menghadapi perubahan.

“Kearsipan ini harus menjadi perhatian kita bersama, karena menjadi salah satu penyelenggara pemerintahan,” ungkap Darda Daraba.

Aplikasi SRIKANDI merupakan hasil kolaborasi dengan Kementerian PANRB, Kementerian KOMINFO, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Aplikasi ini bersifat Government to Government (G2G), sehingga bisa dimanfaatkan oleh semua instansi pusat maupun daerah.

SRIKANDI lengkap dengan berbagai fitur seperti naskah dinas yang berisi template surat, kode klasifikasi surat di mana pencipta arsip atau OPD tinggal memilih seusai kebutuhannya.

Selain itu, ada juga fitur pemeliharaan arsip untuk menjaganya agar tetap autentik, utuh dan terpercaya. Ada juga fitur penggunaan arsip oleh yang berhak, serta fitur penyusutan arsip yang meliputi pemindahan dan pemusnahan arsip.

“Saya berharap kerja sama lintas OPD terkait seperti BAPPPEDA, KOMINFO, BKD, Badan Keuangan dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dapat terjalin dalam mengawal Program SRIKANDI serta program-program kearsipan lainnya,” tukas Darda Daraba. (ksm/rls)

Pos terkait