Dekot Percaya Penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Dilakukan Sesuai Ketentuan

  • Whatsapp
Anggota DPRD Kota Gorontalo, Onis Jafar Akuko saat menghadiri kegiatan uji publik rancangan daerah pemilihan dan alokasi kursi Anggota DPRD Kota Gorontalo pada Pemilu 2024 di Hotel Damhil UNG, Kamis (15/12/2022). (Foto: Humas Dekot Gorontalo)

60DTK, Kota Gorontalo – DPRD Kota Gorontalo percaya rancangan penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD pada pemilihan umum (pemilu) serentak tahun 2024, dibuat oleh KPU Kota Gorontalo berdasarkan ketentuan.

Pernyataan itu disampaikan oleh Anggota DPRD Kota Gorontalo, Onis Jafar Akuko usai menghadiri kegiatan uji publik rancangan daerah pemilihan dan alokasi kursi Anggota DPRD Kota Gorontalo pada Pemilu 2024 di Hotel Damhil UNG, Kamis (15/12/2022).

Bacaan Lainnya
banner 468x60

“Terkait rancangan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi DPRD Kota Gorontalo, kami menyerahkan sepenuhnya ke KPU Kota Gorontalo,” tegas Onis saat ditemui sejumlah awak media usai kegiatan.

“Kami yakin KPU Kota Gorontalo sudah melaksanakan (membuat rancangan daerah pemilihan dan alokasi kursi (DPRD) sesuai Undang-Undang,” tambahnya.

Ia juga turut berkomentar soal dua rancangan dapil yang telah dibuat oleh KPU Kota Gorontalo. Menurutnya, jika melihat ketentuan penataan dapil, rancangan kedua adalah yang paling memenuhi persyaratan.

“Tapi semua kami kembalikan lagi ke KPU, rancangan mana yang akan ditetapkan,” pungkasnya.

Diketahui, KPU Kota Gorontalo telah membuat dua rancangan daerah pemilihan untuk Pemilu 2024. Rancangan pertama sama seperti pemilu 2019 lalu. Hanya saja beberapa dapil mengalami penambahan kursi. Rinciannya, Dapil I (Kota Selatan dan Hulonthalangi) tetap 5 kursi. Dapil II (Kota Barat dan Dungingi) menjadi 8 kursi. Dapil III (Sipatana, Kota Utara, dan Kota Tengah) menjadi 10 kursi. Dapil IV (Kota Timur dan Dumbo Raya) menjadi 7 kursi.

Sementara rancangan kedua, yakni Dapil 1 (Kota Selatan, Hulonthalangi, dan Dumbo Raya) dengan jumlah 8 kursi. Dapil II (Kota Barat dan Dungingi) juga 8 Kursi. Dapil III (Sipatana dan Kota Tengah) sebanyak 7 Kursi. Serta Dapil IV (Kota Utara dan Kota Timur) dengan total 7 kursi.

Jumlah alokasi kursi DPRD Kota Gorontalo juga bertambah dari 25 menjadi 30 kursi. Penambahan ini disebabkan jumlah penduduk Kota Gorontalo sudah 202.139 jiwa. Merujuk pada Pasal 191 Ayat 2 Huruf C, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, daerah dengan jumlah penduduk di atas 200 ribu sampai 300 ribu, alokasi kursinya sebanyak 30. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait