Deprov Sebut BRI Limboto Sudah Siap Distribusikan Kartu Tani

  • Whatsapp
Pimpinan dan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo saat melakukan kunjungan kerja ke BRI Limboto, Rabu (18/01/2023). (Foto: Andi 60dtk)

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Bank BRI Limboto disebut telah siap mendistribusikan kartu tani kepada para petani yang ada di tiga daerah berbeda, yakni Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Boalemo, serta Kabupaten Gorontalo Utara.

Hal ini diutarakan oleh Koordinator Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo, Kris Wartabone usai pihaknya melakukan kunjungan kerja ke BRI Limboto guna mendapatkan informasi soal realisasi dan kendala penyaluran kartu tani, Rabu (18/01/2023).

Bacaan Lainnya
banner 468x60

“Ternyata BRI (Limboto) telah siap, bahkan kartu tani itu sudah didistrubusi ke BRI unit,” ungkap Kris Wartabone.

Menurut Kris, kendala penyaluran kartu tani ini tinggal terletak pada pemenuhan dokumen berupa pengisian formulir, lampiran kartu tanda penduduk (KTP), serta lampiran kartu keluarga (KK) yang menjadi persyaratan.

Jika persyaratan ini telah dikumpulkan, kata Kris, penyuluh pertanian lapangan (PPL) di masing-masing wilayah tinggal melakukan koordinasi dengan pihak BRI Limboto terkait waktu penyaluran.

“Nanti kita akan undang dinas terkait, kita juga akan koordinasikan dengan PPL,” pungkasnya.

Terpisah, Pejabat Pengganti Sementara (Pgs) Pemimpin Cabang dan Office BRI Limboto, Kiswanto mengatakan, sebanyak 96.139 kartu tani sudah mereka terima dari kantor BRI pusat.

“Tinggal persoalan teknis di lapangan saja. Harus menyesuaikan antara pemerintah, kami di BRI, dan masyarakat (petani) untuk bertemu misalnya di hari apa, penyalurannya berapa, dan dokumen yang ada seperti apa,” ujarnya.

“Yang kami minta dari BRI itu hanya dokumen pelengkap pembukaan rekening saja. Buku, ATM, harus siap,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ia mengaku bahwa pihaknya juga ingin kartu tani tersebut bisa disalurkan dengan cepat. Sebab, kartu ini bakal digunakan petani dalam menebus pupuk yang mendapat subsidi pemerintah.

“Sejauh ini yang sudah terdistribusi dari total tiga kabupaten baru 6.183. Di Kabupaten Gorontalo ada 49.442, 3.454 sudah didistribusi. Untuk Boalemo ada 22.456, yang tersalurkan baru 2.175. Di Gorontalo Utara, penerima kartu tani 24.241, yang terdistribusi baru 554,” tandasnya. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait