Dinas Pangan ajak Pelaku UMKMK Manfaatkan Kredit Usaha Rakyat

60DTK, Gorontalo – Dinas Pengan Provinsi Gorontalo mengajak pelaku Usaha Mikro Kecil Menegah dan Koperasi (UMKMK) untuk memanfaatkan peluang Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pertumbuhan dan pengembangan usaha.

Saat membuka Sosialisasi KUR kepada pelaku UMKMK, Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo Sutrisno mengungkapkan, pemerintah daerah terus mendorong pengembangan UMKMK, salah satunya dengan cara memudahkan akses permodalan melalu perbankan.

“Pemerintah menerbitkan kebijakan yang bertujuan meningkatkan sektor rill dan memberdayakan UMKMK. Kebijakan pengembangan dan pemberdayaan ini antara lain dengan meningkatkan akses pada sumber pembiayaan, pengembangan kewirausahaan, peningkatan pasar produk UMKMK, dan reformasi regulasi UMKMK,” urai Sutrisno, Jumat (4/9/2020).

Sutrisno menambahkan, KUR adalah kredit modal kerja dan investasi kepada debitur/perseoragan, badan usaha dan atau kelompok usaha yang produktif dan layak, namun berlum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup.

Ia berharap, UMKMK dapat memanfaatkan peluang KUR yang bergerak di sektor usaha produktif seperti pertanian, perikanan dan kelautan, perindustrian, kehutanan dan jasa keuangan simpan pinjam.

Adapun penyaluran KUR dapat dilakukan langsung. UMKMK dapat langsung mengakses KUR di kantor cabang atau kantor cabang pembantu setiap perbankan pelaksana. (adv)

Sumber: gorontaloprov.go.id