Dinilai Punya Potensi, Pemkab Gorontalo Jalin Kerja Sama dengan Pemkab Parigi Moutong

  • Whatsapp
Bupati Gorontalo dan Bupati Parigi Moutong saat menandatangani nota kesepakatan kerja sama di Pendopo Rumah Dinas Bupati Parigi Moutong, Selasa (26/10/2021). (Foto: Istimewa)

60DTK, Parigi Moutong – Sejak dipimpin oleh Nelson Pomalingo 2016 silam, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo terus memperluas jejaring, bahkan bekerja sama dengan berbagai pihak.

Tak hanya dalam daerah saja, kerja sama itu juga dilakukan dengan daerah tetangga maupun daerah lainnya yang ada di Indonesia. Tak sekadar dengan sesama pemerintah, tapi juga meliputi kampus dan lembaga lainnya.

Bacaan Lainnya
banner 468x60
Bupati Gorontalo dan Bupati Parigi Moutong saat menandatangani nota kesepakatan kerja sama di Pendopo Rumah Dinas Bupati Parigi Moutong, Selasa (26/10/2021). (Foto: Istimewa)

Baru-baru ini, Pemkab Gorontalo menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong. Salah satu faktor pendorong lahirnya kerja sama tersebut tidak lain karena Pemkab Gorontalo menilai Kabupaten Parigi Moutong memilili banyak potensi daerah.

“Misalnya bidang perkebunan khususnya kelapa. Di sini ada tiga kecamatan menjadi lumbung kelapa, maka peluang ini yang ditangkap oleh Kabupaten Gorontalo karena mengingat ada tiga perusaahan besar pabrik pengelolaan kelapa di Kabupaten Gorontalo,” ujar Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Selasa (26/10/2021).

Nelson meyakini, terjalinnya kerja sama ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Untuk Kabupaten Parigi Moutong, petani kelapa akan lebih mudah dalam pengiriman buah kelapa ke Kabupaten Gorontalo karena jalan dan jarak yang tidak begitu jauh.

“Jika Parigi Moutong mengirim ke Kabupaten Gorontalo, aksesnya mudah ditempuh dan jaraknya dekat, sehingga petani yang diuntungkan,” ujar Nelson.

Peluang lainnya, kata Nelson, Kabupaten Parigi Moutong adalah daerah lumbung ternak sapi. Karena Kabupaten Gorontalo telah bekerja sama dengan DKI Jakarta terkait suplai daging sapi, maka kerja sama ini akan bisa membantu Pemkab Gorontalo.

“Peluang ini dimanfaatkan dalam rangka membantu dalam memenuhi permintaan kebutuhan suplai daging sapi yang telah dikerjasamakan dengan DKI Jakarta,” tukas Nelson. (adv/rls)

 

Penulis: Andrianto Sanga

Pos terkait