Dorong UMKM Go Digital, Kominfotik dan Kadin Gorontalo akan Jalin Kerjasama

  • Whatsapp
Dorong UMKM Go Digital, Kominfotik dan Kadin Gorontalo akan Jalin Kerjasama
Suasana pertemuan Dinas Kominfotik dan KADIN Gorontalo yang berlangsung di Ruang Kerja Kepala Dinas Kominfotik, Kamis (16/6/2022). Foto: Istimewa.

60DTK.COM – Dalam rangka mendorong UMKM Go Digital, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) dan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) akan menjalin kerjasama.

Hal ini terungkap pada pertemuan antara KADIN dan Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo, Kamis (16/6/2022).

Bacaan Lainnya

“Pertemuan hari ini adalah dalam rangka mensinergikan program. Insya Allah ada Program Kominfo yang akan kita sinergikan dengan Kadin,” ujar Kepala KADIN Provinsi Gorontalo, Muhalim Litti.

Saat ini Muhalim menilai, tingkat literasi digital yang masih rendah menjadi salah satu kendala dalam mendigitalisasi UMKM di Provinsi Gorontalo.

“Untuk itu kenapa akan berkolaborasi dengan Kominfo, karena kami tolong disupport dari sisi digitalisasinya. Mudah-mudahan ini akan berjalan lancar supaya UMKM di Gorontalo bisa Go Digital,” imbuh Muhalim.

Sementara itu Kepala Diskominfotik Provinsi Gorontalo, Masran Rauf menyambut baik rencana KADIN tersebut. Ia menyebut dengan adanya kolaborasi ini tentu akan memiliki efek positif terhadap perkembangan UMKM di Gorontalo.

Masran menambahakan, kolaborasi ini juga sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Bantuan Indonesia dari Pemerintah Pusat. Gerakan ini bertujuan mendorong masyarakat dalam membeli produk UMKM lokal.

“Tentu Kadin bisa jadi mitra kami dalam hal pengembangan digitaliasi termasuk UMKM ini. Ada beberapa program dari Kementerian Kominfo, contoh ada leveling digital talent di sini termasuk di dalamnya UMKM.” ungkap Masran.

“Kami juga baru saja melaunching Gorontalo Digital, ini bisa nyambung di sini. Peluang-peluang ini semoga bisa kita atur, kontennya apa sesuai SOPnya. Kami akan dukung semua,” imbuh Masran Rauf.

Ke depan Masran berharap, kerjasama ini harus terealisasi dengan baik guna mendorong transformasi digital di berbagai sektor yang telah menjadi komitmen pemerintah pusat dan daerah. (ksm/rls)

Pos terkait