Ekspor Kelapa Meningkat, Mentan: Ini Upaya Pemerintah Pusat dan Daerah

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Muljadi Dg. Mario saat memberikan sertifikat kepada Direktur PT. Royal Coconut dan PT. Tri Jaya Tangguh. Rabu (30/1)

60DTK – Kabupaten Gorontalo: Menteri Pertanian (Mentan) RI, Andi Arman Sulaiman, untuk ke-9 kalinya datang ke Gorontalo, Rabu (30/1). Menteri Pertanian yang telah menjabat selama empat tahun tersebut, menghadiri acara pelepasan Ekspor tepung kelapa perdana Tahun 2019 hasil produksi PT. Royal Coconut dan PT. Tri Jaya Tangguh.

Kegiatan yang berlangsung di Desa Ombulo, Kecamatan Limboto Barat ini, turut dihadiri Gubernur Provinsi Gorontalo Rusli Habibie dan istrinya Idah Syahidah Rusli Habibie, beserta Roem Kono, dan jajaran Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo hingga puluhan masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Andi mengaku bangga dengan Perusahaan tepung kelapa yang ada di Indonesia khususnya di Provinsi Gorontalo. Hal tersebut Ia ungkapkan, mengingat harga kelapa yang saat ini masih merosot.

“Kami bangga, PT. Royal Coconut mengekspor ke-82 negara termasuk Jerman, ini luar biasa. Di tengah jatuhnya harga kelapa kita melakukan ekspor,” ujar Andi dalam sambutannya.

Andi menambahkan, sejak Tahun 2014 ekspor kelapa Indonesia terus meningkat. Bahkan hingga saat ini, Indonesia menjadi produsen kelapa terbesar di Dunia.

“Ekspor kelapa kita meningkat. Tahun 2014 yang hanya 1,3 Juta ton, sekarang meningkat 1,9 Juta ton. Itu peningkatannya 52 persen. Bahkan hingga saat ini, Indonesia menjadi produsen kelapa terbesar nomor satu di Dunia, produksinya 19 juta ton,” kata Andi Arman.

Lebih lanjut Andi menegaskan, prestasi tersebut tidak lepas dari kerja keras pemerintah pusat bahkan daerah.

“Ini merupakan upaya keras pemerintahan Jokowi-JK dan tentunya juga Gubernur Rusli Habibie. Gorontalo ini betul-betul jaya di tangan pak Gubernur. Karenanya saya sudah sembilan kali datang ke Gorontalo,” Tegas Andi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Muljadi Dg. Mario menyebutkan, ekspor tepung kelapa perdana PT. Royal Coconut sebesar 21 ton. Sementara untuk PT.Tri Jaya Tangguh 13 ton.

“PT. Royal Coconut menargetkan ekspor tahun ini sekitar 3.744 ton menuju Jerman. Yang di ekspor hari ini 21 ton. Untuk PT.Tri Jaya Tangguh menargetkan 4.416 ton, dan keluar hari ini 13 ton,” ujar Muljadi saat penyerahan sertifikat kepada Direktur PT. Royal Coconut dan PT. Tri Jaya Tangguh.

Penulis : Andrianto S/Tr

Editor : Zulkifli M.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan