Empat Isu Utama RKPD Provinsi Gorontalo Tahun 2023

  • Whatsapp
Empat Isu Utama RKPD Provinsi Gorontalo Tahun 2023
Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim memberikan sambutan pada Musrenbangda dalam rangka Penyusunan RKPD Tahun 2023, Senin (18/4/2022). Foto: Haris.

60DTK.COM – Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Gorontalo Tahun 2023 mengangkat empat isu utama. Isu ini sejalan dengan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2023 – 2026.

Selain itu empat isu ini juga selaras dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Nasional. Adapun empat isu ini yakni Ekonomi, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Lingkungan Hidup, serta Tata Kelola Pemerintah yang lebih baik.

Bacaan Lainnya

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakan, empat isu ini akan di jabarkan dalam satu rumusan yang menjasi hasil dari Musyawaran Perencanaan Pembangunan Daerah ini.

“Tema RKPD Provinsi Gorontalo tahun 2023 yakni peningkatan ekonomi dan sumber daya manusia di dukung oleh kualitas lingkungan hidup dan tata kelola pemerintahan yang lebih baik,” ungkap Idris Rahim.

Idris menambahkan, peningkatakan lingkungan nantinya melalui rehabilitas hutan dan lahan serta pengelolaan sampah dan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Sedangkan tata kelola pemerintahan lanjut Idris, melalui peningkatan pelayanan publik, akuntabilitas kinerja dan kompetensi.

Penerapannya nanti melalui core values “Berahlak” yakni berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal dan adaptif serta kolaboratif.

“Melalui program kegiatan yang difokuskan pada empat aspek tersebut, ditargetkan laju pertumbuhan ekonomi Gorontalo pada tahun 2023 bisa mencapai 6,21 persen,” tutur Idris.

Sementara itu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga meningkat menjadi 69,68 poin, kemiskinan turun pada kisaran 15 persen hingga 14,5 persen.

Untuk tingkat pengangguran turun mencapai 3,63 persen hingga 2,90 persen, dan ratio ketimpangan bisa di tekan hingga mencapai 0,398 poin. (ksm/rls)

Pos terkait