Gorontalo Komitmen Dukung Indonesia’s FOLU Net Sink 2023

  • Whatsapp
Gorontalo Komitmen Dukung Indonesia's FOLU Net Sink 2023
Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba mencanangkan penanaman pohon di area lokasi peresmian permanen di Desa Toyidito, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, Jumat (1/7/2022). Foto: Nova.

60DTK.COM – Pemerintah Provinsi Gorontalo terus berkomitmen mendukung upaya pemerintah pusat dalam mencapai Indonesia’s FOLU Net Sink 2023.

FOLU Net Sink merupakan keadaan yang hendak di capai melalui penurunan emisi gas rumah kaca sektor kehutanan dan penggunaan lahan.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba mengatakan, pihaknya terus berkomitmen mendukung upaya mitigasi perubahan iklim terutama dari sektor kehutanan dan lahan.

Sebagai wujud dari dukungan tersebut, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam melakukan rehabilitasi hutan dan lahan kritis.

Selain itu, juga melakukan restorasi ekosistem manggrove di wilayah pesisir serta pengendalian penggunaan kawasan hutan dan lain sebagainya.

Darda Daraba menilai, upaya pemerintah pusat ini dalam rangka isu pemanasan global. Isu ini adalah suatu fenomena dimana terjadi peningkatan gas rumah kaca pada lapisan atmosfer dalam jangka waktu tertentu.

“Nah ini kenapa pemerintah pusat menargetkan sebuah keadaan dengan FOLU Net Sink 2023 yang bisa berkontribusi besar dalam pengurangan emisi dari sektor FOLU,” ungkap Darda.

Darda menambahkan, pengurangan emisi dari sektor FOLU ini antara lain penurunan deforestasi dan degradasi hutan alam. Juga termasuk pengelolaan hutan yang berkelanjutan serta konservasi keanekaragaman hayati.

“FOLU ini antara lain penurunan penurunan deforestasi dan degradasi hutan alam. Juga termasuk pengelolaan hutan yang berkelanjutan serta konservasi keanekaragaman hayati,” imbuh Darda Daraba. (ksm/rls)

Pos terkait