Gorontalo Terus Gencarkan Vaksinasi COVID-19

  • Whatsapp
Vaksinasi COVID-19
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meninjau Vaksinasi Massal di Rest Area Korem 133/Nani Wartabone, Rabu (16/3/2022). Foto: Salman.

60DTK, Gorontalo – Pemerintah Provinsi Gorontalo gencar menggelar Vaksinasi COVID-19 di berbagai kesempatan, termasuk pada bulan puasa mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Yana Yanti Suleman, pihaknya tetap menyediakan gerai vaksinasi pada bulan itu di beberapa tempat ibadah.

Bacaan Lainnya

Hal ini ia sampaikan saat mendampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meninjau gelaran vaksinasi massal di Rest Area Korem 133/Nani Wartabone, Rabu (16/3/2022).

“Vaksinasi COVID-19 tidak membatalkan puasa. Untuk waktu dan tempat sebaik mungkin tidak mengganggu ibadah bagi warga yang berpuasa,” jelas Yana.

Upaya ini lanjut Yana, untuk mengejar target 100 persen pada Mei mendatang. Sesuai rencana, vaksinasi pada bulan Ramadan ini berlangsung selama setengah bulan, dengan target 5000 dosis tiap hari.

Yana menilai upaya ini berat dilakukan, namun menjadi ringan jika semua pihak bergerak dan mendukung terutama antusias warga untuk mengikuti vaksinasi.

“Ini memang berat, tetapi menjadi ringan ketika kita semua bergerak. Ramadan itu bulan April, kita sudah menghitung optimalnya setengah bulan,” ujar Yana.

“Jadi bulan yang lain satu bulan, tetapi kita hitung bulan April setengah bulan. Sehingga dapatlah angka 5000 dosis per hari untuk mencapai 100 persen di Bulan Mei,” sambungnya.

Hingga Selasa (15/3), Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo mencatat cakupan vaksinasi dosis I mencapai angka 89,23 persen, dosis II sebesar 61,12 persen serta dosis II mencapai 3,85 persen.

Seperti pada biasanya, vaksinasi kali ini pun warga yang mengikuti memperoleh bantuan berupa satu liter minyak goreng dan beras lima kilogram. (ksm/rls)

Pos terkait