Gorut Jadi Percontohan BBM 1 Harga di Provinsi Gorontalo.

60dtk – Gorut : Melalui Badan Pengatur Hilir (BPH) minyak dan Gas (Migas) RI Pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo Utara terus melakukan upaya pendekatan dan lobi berbagai program bantuan ke kementrian ESDM terkait pemenuhan Program bantuan Penyeluran BBM 1 Harga di Wilayah 3T (Tertinggal, Terluar, dan Terdepan  diseluruh Indonesia)

Sejauh ini Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara telah berhasil membangun satu dari 73 titik Penyaluran BBM 1 Harga pada tahun 2018 tepatnya di Kecamatan Tolinggula Wilayah paling Barat, dan Perbatasan Gorut belum lama ini. Sebelumnya pada tahun 2017 Gorut juga sukses membangun POM Mini Penyalur BBM 1 Harga di Kecamatan Ponelo Kepulauan. Dengan demikian, Gorut saat ini telah memiliki 2 titik Penyalur BBM 1 Harga.

Dari pencapaian tersebut Pemerintah Kabupaten Gorut dinilai berhasil menjalankan Program dari Kementrian ESDM melalui Dirjen BPH Migas RI, yang kemudian di tunjuk sebagai daerah Pilot Project Program Penerapan BBM 1 Harga di Provins Gorontalo.

Hal ini dipertegas lagi dengan ditunjuknya Gorut yang diwakili oleh Asisten II setda Gorut Thamrin Yusuf sebagai salah satu Panelis dari Narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Implementasi Sub Penyaluran dalam rangka Percepatan Penerapan BBM 1 Harga secara Nasional, yang bertempat di Hotel Maqna Kota Gorontalo, Kamis (20/09/2018).

Acara tersebut turut di hadiri oleh Komite BPH Migas RI Hari Pratnoyo, Anggota Komite BPH Migas RI Sumitar Panjaitan, Anggota DPR-RI Komisi VII Fadel Mohammad bersama Istri, Pimpinan Pertamina Gorontalo, unsur Forkopimda se-Provinsi Gorontalo, dan peserta Masyarakat Penyalur BBM se-Provinsi Gorontalo.

Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Gorut Thamrin Yusuf mengungkapkan bahwa Acara Sosialisasi Implementasi sub Penyaluran, dalam rangka Percepatan Penerapan BBM 1 Harga secara Nasional. hal ini di maksud untuk memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi tentang berbagai regulasi aturan tentang izin dan wewenang setiap penyalur BBM 1 Harga di Provinsi Gorontalo

Sosialisasi perlu dilakukan di karenakan sering timbulnya berbagai permasalahan yang kerap terjadi di tengah-tengah masyarakat, akibat sulitnya mendapatkan BBM dengan 1 harga khusunya di wilayah 3T.” ya, dengan berbagai permasalahan keterbatasan kuota pemenuhan BBM baik subsidi maupun non subsidi di wilayah 3T membuat masyarakatpun ikut resah. Jangankan di wilayah 3T, dipusat kota pun masih kerap kita temukan kelangkaan BBM baik subsidi maupun non subsidi”, ungkap Thamrin

Sehingganya, Pemerintah daerah Gorut menjadi salah satu daerah pertama yang mampu menerapkan program penyaluran BBM 1 harga di wilayah 3T yang ada di Kecamatan Ponelo Kepulauan dan Kecamatan Tolinggula. “ dengan demikian, daerah Gorut di daulat menjadi daerah Pilot Project Program Penyaluran BBM 1 harga pertama di Provinsi Gorontalo. Tentu dengan adanya Proses pengawasan oleh pihak Pemerintah daerah, insya Allah program ini dapat kami terapkan sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku”, tutup Thamrin. (rls/rds).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles