Gubernur Gorontalo Dianugerai Gelar Datuk Sri oleh Gubernur Sumsel

  • Whatsapp
Gubernur Gorontalo jadi Ketua Dunia Muslim Dunia Islam
Ketua DMDI Indonesia Herman Deru (kanan) menyerahkan secara simbolis mandat kepada Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menjadi ketua DMDI Gorontalo. Rusli diberi gelar Datuk Sri oleh Gubernur Sumatera Selatan itu. (Foto: Alfred/Humas).

60DTK, Gorontalo – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menganugerahi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dengan gelar Datuk Sri. Penganugerahan gelar tersebut juga dirangkaikan dengan penunjukan Rusli Habibie sebagai Ketua Dunia Muslim Dunia Islam (DMDI) Provinsi Gorontalo, Kamis (29/10/2020).

“Malam ini terakhir saya manggil “Abang”, Karena besok Abang sudah punya gelar Datuk Sri. Saya sebagai ketua DMDI Nasional menginginkan Abang untuk menjadi ketua DMDI Gorontalo dan berkontribusi untuk melayu dan dunia Islam,” ujar Gubernur Sumsel Herman Deru saat menerima Gubernur Rusli Habibie bersama istri dan rombongan JK Merah Putih Community di Griya Agung, Kota Palembang.

Bacaan Lainnya

Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) merupakan organisasi warga etnis melayu. Etnis melayu tidak saja dikenal di Sumatera Selatan tetapi juga tersebar di 20 daerah lain di Indonesia. Etnis melayu juga ada di 21 negara di dunia.

Dipilihnya Datuk Sri Rusli Habibie sebagai ketua DMDI karena dinilai sebagai tokoh panutan dan berpengaruh nasional. Selain menjabat gubernur dua periode, Gorontalo juga memiliki populasi warga muslim terbesar dengan persentase lebih kurang 97 persen.

“Malam ini secara simbolis saya serahkan. Saya minta Abang bukan saja jadi ketua DMDI Provinsi tapi juga jadi koordinator DMDI regional Sulawesi,” imbuh mantan Bupati OKU dua periode itu.

Sementara itu, Gubernur Rusli mengaku sangat terhormat mendapat gelar Datuk Sri dan berkomitmen mengembangkan budaya melayu yang identik dengan dunia Islam.

“Gorontalo sebagai daerah berpenduduk muslim juga memiliki budaya yang mirip dengan Melayu. Jika di Padang Sumatera Barat ada falsafah adat bersendikan sara dan sara bersendikan kitabullah, maka di Gorontalo juga sama,” jelasnya.

Malam ramah tamah dua gubernur beda pulau itu menjadi babak baru hubungan bilateral antara Palembang dan Gorontalo. Rusli Habibie datang bersama rombongan pecinta mobil Jeep Rubicon dari Jakarta melintasi Provinsi Banten, Lampung dan Tiba di Sumsel. Rencananya, besok rombongan akan bertolak menuju Provinsi Lampung. (adv)

Sumber: humas.gorontaloprov.go.id

Pos terkait