Gubernur Gorontalo Ikut Rapat Koordinasi Korsupgah dengan KPK

60DTK, Gorontalo – Gubernur Gorontalo Rusli Habibe bersama jajarannya mengikuti Rapat Koordinasi Capaian Program Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi (Korsupgah) dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta, Kamis (29/4/2021).

Inspektur Provinsi Gorontalo Sukril Gobel memaparkan, secara keseluruhan progres capaian indikator keberhasil program pencegahan dan pemberantasan korupsi di Provinsi Gorontalo tahun 2020 cukup baik. Sebanyak tujuh dari delapan area intervensi yang dinilai, Monitor and Preventif (MCP) Gorontalo berada di angka 82,10 persen.

Gubernur Gorontalo Ikut Rapat Koordinasi Korsupgah dengan KPK
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kiri) bersama jajaran pemerintah provinsi mengikuti Rapat Koordinasi, Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) KPK di Jakarta, Kamis (29/4/2020). Foto: Dzakir.

“Ini agenda tahunan KPK untuk melihat sejauh mana kinerja capaian MCP Korsupgah di Gorontalo. Alhamdulillah untuk tahun 2020 MCP kita berada di angka 82,10 persen,” kata Sukril usai rapat.

expo

Pada area Perencanaan dan Penganggaran APBD lanjut Sukri, nilainya berada pada angka 82 persen, sementara untuk area Intervensi Pengadaan Barang dan Jasa capaiannya di angka 92,82 persen.

“Berikutnya pada area Intervensi Pelayanan Terpadu Satu Pintu angkanya hampir sempurna yakni 99,60 persen dan area intervensi Manajemen ASN di angka 97,38 persen,” paparnya.

Tiga indikator lain yang dinilai yakni area Intervensi Optimalisasi Pendapatan Daerah, area Intervensi Manajemen Aset Daerah dan area Intervensi Penguatan Kapabilitas APIP. Masing-masing area tersebut berada di angka 48,71 persen, 65,95 persen dan 82,86 persen.

“Memang dari area itu yang dijabarkan lagi ke dalam beberapa sub indikator masih ada beberapa yang nilainya rendah. Ini yang menjadi atensi dari KPK agar ke depan bisa ditingkatkan dan semakin baik lagi,” tambahnya.

Selain dihadiri oleh Gubernur Rusli, Rapat koordinasi bersama KPK itu diikuti oleh Sekretaris Daerah Darda Daraba, Kaban Keuangan Danial Ibrahim, Kepala Bapppeda Budiyanto Sidiki serta Staf Khusus Huzairin Roham. Rapat juga diikuti oleh Ketua DPRD Paris RA Yusuf dan Wakil Ketua II Sofyan Puhi. (adv)

Sumber: gorontaloprov.go.id

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles