Gugus Tugas Kabgor Segara Tracking dan Tracing Dua Desa

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Gorontalo, segera melakukan Tracking dan Tracing kepada masyarakat di dua desa yakni Desa Pentadio Barat, Kecamatan Kecamatan Telaga Biru, serta Desa Bua, Kecamatan Batudaa.

Ketua Gugus Tugas Kabupaten Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan, hal itu dilakukan mengingat dua desa tersebut sudah terdapat kasus Positif Covid-19. Bahkan dalam beberapa hari terakhir ini, jumlah kasus covid-19 di dua desa ini terus mengalami peningkatan.

“Dua desa ini termasuk klaster kita. Kasusnya itu terjadi peningkatan. Tidak saja peningkatan, tapi juga transmisi, terjadi penularan. Maka, kita ingin melakukan pengecekan, tracking dan tracing di daerah itu. Rencananya minggu ini,” beber Nelson di Kantor Bupati Gorontalo, Rabu (27/05/2020).

Baca Juga: Pemkab Gorontalo Mulai Rancang Penerapan New Normal

Bupati Gorontalo itu juga mengatakan, saat melakukan Tracing dan Tracking nanti, dua desa itu akan diblokir (ditutup) sementara. Masyarakat tidak dapat keluar dan masuk hingga upaya pemutusan penularan Covid-19 selesai dilakukan.

“Dalam melakukan tracking dan tracing ini, khususnya Pentadio Barat ini agak berat, sehingga kami melakukan koordinasi Kepala Desa, Camat, TNI-Polri. Kita melakukan berbagai pendekatan, baik sosial maupun juga pendekatan secara teritorial,” ujarnya.

Baca Juga: Andai Bantuan Tidak Berkualitas, Nelson Minta Masyarakat Lapor Ke Pihak Terkait

Ia juga menegaskan, dua desa ini tidak akan diberlakukan karantina wilayah maupun lockdown.

“Karena kita tidak hanya menyelamatkan mereka (masyarakat di dua desa tersebut), tetapi juga orang lain. Kalau mereka terjadi penularan terus, maka itu juga akan berpengaruh pada yang lain,” tukasnya.

 

Pewarta: Andrianto Sanga