Idah Syahida : Menulis Cara Anak Muda Menjaga Kearifan Bahasa Daerah

60DTK – GORONTALO : Kegiatan memperingati bulan literasi, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Provinsi Gorontalo, dalam meningkatkan minat terhadap bahasa daerah, menggelar kegiatan Lomba Pidato dan Dongen dalam bahasa Gorontalo. Acara tersebut di laksanakan di depan kantor perpustakaan daerah siang tadi, kamis (29/11/2018).

Sesuai peraturan yang di keluarkan oleh Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie No. 22 tahun 2018, bahwa bulan November merupakan bulan literasi bagi provinsi gorontalo, apresiasi ini pun di berikan oleh kepala Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Yosep p. Koton, sebeb peraturan ini hanya ada di Provinsi Gorontalo.

“Bulan Literasi ini merupakan suatu bentuk evaluasi bagi kita semua, terkait minat, baca, menulis bahkan kita tetap menjaga atau pun melestarikan budaya bahasa daerah kita sendiri. Hadirnya acara ini saya harap bisa menjadi ajang pertunjukan bahwa masyarakat khusunya anak-anak muda masih tetap eksis dalam mengasah keterampilan berbahasa,”

Kegiatan ini pun akhirnya banyak di minati oleh kaum muda, berbagai kalangan yang hadir turut memeriahkan acara ini, di antaranya dari kalangan mahasiswa, atau pun pelajar yang berasal dari masing-masing sekolah. Bunda baca Provinsi Gorontalo Idah Syahidah pun tak mau kalah dengan semangat para kaum muda.

Dalam Sambutanya, Idah Syahidah menyampaikan “Dalam meningkatkan Minat Baca, menulis sekaligus menjaga kearifan Bahasa Daerah kita sendiri. Seharusya menjadi tanggung jawab bagi setiap anak muda, untuk tetap menjaga komitmen yang sudah menjadi kebiasaan kita, hal-hal sekecil ini lah harus tetap kita jaga, hingga kelak kita menjadi generasi-genarasi yang cerdas dalam memahami segala perubahan yang selalu menghampiri kita,” Tuturnya .(rds/mf).