Idris Rahim Puas dengan Hasil SAKIP Pemda se – Provinsi Gorontalo

  • Whatsapp
Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim (tengah) menyaksikan penyerahan SAKIP Award Tahun 2019 oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo (kanan) kepada Bupati Bone Bolango Hamim Pou, di Hotel Tentrem Yogyakarta, Senin (24/02/2020). Foto : Istimewa

60DTK – Yogyakarta : Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, mengaku puas dengan hasil Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang diperoleh Pemerintah Daerah (Pemda) se – Provinsi Gorontalo.

Berdasarkan hasil evaluasi SAKIP dari Kementerian Pendayahgunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menunjukkan, dari tujuh entitas Pemda di Provinsi Gorontalo, enam diantaranya meraih Predikat B yakni Pemerintah Provinsi Gorontalo, Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Pohuwato, dan Boalemo. Sedangkan Kabupaten Bonebolango meraih Predikat BB.

Bacaan Lainnya

“Hasil ini menunjukkan kinerja pemerintah daerah di Provinsi Gorontalo yang semakin membaik”, ujar Idirs usai menerima SAKIP dari MenPAN-RB Tjahjo Kumolo di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Senin (24/02/2020).

Idris berharap, ke depan kinerja ini akan semakin membaik. Sebab menurutnya, peningkatan kinerja Pemda menunjukkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran akan sangat bermanfaat dalam mendorong kemajuan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Adapun komponen penilaian SAKIP itu sendiri meliputi perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi, serta capaian kinerja. Terkait dengan hal itu lanjut idris, Ia bertekad meraih Predikat BB untuk SAKIP Pemerintah Provinsi Gorontalo di tahun 2020.

Untuk mewujudkan hal itu kata Idris, salah satu upaya yang akan dilakukan ialah menerapkan aplikasi dengan sistem yang terintegrasi antara perencanaan, penganggaran dan kinerja. Meski begitu, Predikat BB bukan hanya menitikberatkan pada nilai.

Melainkan, yang terpenting adalah peningkatan pengelolaan penggunaan anggaran dan pertanggungjawaban dalam memberikan pelayanan dan manfaatnya untuk kesejahteraan masyarakat di Provinsi Gorontalo.

”SAKIP kita meraih nilai 67,71 dengan Predikat B, kurang  2,39 poin lagi untuk bisa memperoleh Predikat BB. Kita akan berusaha meningkatkan nilai SAKIP melalui aplikasi yang terintegrasi”, pungkas Idris. (adv)

Pos terkait