Idris Rahim Resmikan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

60DTK, Gorontalo – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim meresmikan mesin ADM pencetak KTP Elektronik di Mall Gorontalo, Jumat (19/3/2021).

“Mesin ADM ini hadiah dari Kemendagri atas keberhasilan Provinsi Gorontalo meraih peringkat pertama nasional dalam perekaman KTP elektronik untuk mendukung pelaksanaan Pilkada Serentak lalu,” ujar Idris.

Idris mengungkapkan keberhasilan itu tidak lepas dari kerja keras jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Gorontalo dan tiga kabupaten yang menggelar Pilkada Serentak pada Desember 2020.

Kabupaten Pohuwato meraih peringkat dua nasional dengan menyisakan 11 orang yang tidak melakukan perekaman KTP Elektronik, Bone Bolango peringkat 11 dengan menyisakan 38 orang dan Kabupaten Gorontalo yang menyisakan 348 orang berada di peringkat 17.

Idris Rahim Resmikan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri
Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim meresmikan mesin ADM pencetak KTP Elektronik di Mall Gorontalo, Jumat (19/3/2021). Foto: Haris.

“Prestasi itu tentunya menjadi kebanggaan kita bersama, apalagi hadirnya mesin ADM ini akan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengurus dan memperoleh dokumen dukcapil,” jelas Idris.

Pemerintah Provinisi Gorontalo menghibahkan mesin ADM tersebut ke Pemerintah Kota Gorontalo dengan syarat harus ditempatkan di pusat keramaian. Pemkot Gorontalo selanjutnya bekerja sama dengan pihak Mall Gorontalo untuk lokasi penempatan mesin yang dapat mencetak dokumen kependudukan itu.

Dokumen kependudukan yang bisa dicetak melalui mesin ADM, di antaranya KTP-El, Kartu Identitas Anak, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan Akta Kematian. Warga yang akan memanfaatkan mesin ADM terlebih dahulu harus mendaftar ke Dinas Dukcapil untuk memperoleh Personal Identity Number (PIN) masuk ADM dan PIN pencetakan.

“Pelihara dan jaga dengan baik mesin ini agar bisa dimanfaatkan dalam waktu lama. Tempatkan petugas untuk mendampingi warga yang akan menggunakan mesin ADM ini,” tukas Idris. (adv)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles