Imunisasi di Gorontalo akan Sasar 252.569 Anak

  • Whatsapp
Imunisasi di Gorontalo akan Sasar 252.569 Anak
Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer menyemangati anak yang hendak diimunisasi di Halaman Rumah Jabatan, Rabu (18/5/2022). Foto: Salman.

60DTK.COM – Dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar imunisasi massal yang akan menyasar 252.569 anak-anak.

Imunisasi massal ini di canangkan Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer di Halaman Rumah Jabatan, Rabu (18/5/2022).

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Pada pencanangan tersebut, sedikitnya hadir 200 anak usia 5 – 6 tahun di dampingi orang tua dan guru. Adapun imunisasi di berikan yakni dosis tambahan campak dan rubella.

Selain itu, ada juga dosis untuk melengkapi imunisasi yang terlewat untuk polio, diptheri Pertusis Tetanus (DPT) dan Hepatitis B.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman menjelaskan, saat Pandemi COVID-19 kondisi cakupan imunisasi dasar lengkap mengalami penurunan.

Pada tahun 2019, presentasi imunisasi di Gorontalo sebesar 81,9 persen. Namun cakupan tersebut pada tahun 2020 mengalami penurunan menjadi 73,9 persen.

Melihat kondisi ini lanjut dr. Yana, perlu kewaspadaan terhadap virus campak dan rubella, polio dan Hepatitis B. Caranya ialah dengan menyukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional.

“Melihat cakupan imunisasi dasar lengkap kita di tiga tahun terakhir cenderung turun maka kita harus waspada terhadap virus campak dan rubella, polio dan Hepatitis B. Caranya dengan menyukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional selama satu bulan ke depan,” ungkap dr. Yana.

Sementara itu di sela-sela pencanangan, Hamka meminta orang tua dan guru bersama-sama menyukseskan program ini untuk melindungi anak-anak dari ragam penyakit di masa yang akan datang.

“Kami pemerintah minta tolong, ibu-ibu harus rajin-rajin membawa anaknya untuk imunisasi. Ada guru juga di sini, tolong selalu ingatkan orang tua untuk ikut imunisasi,” pinta Hamka. (ksm/rls)

Pos terkait