Ispektorat Gorontalo Lakukan Evaluasi SAKIP di Boalemo

  • Whatsapp
Wakil Bupati Boalemo Anas Yusuf menerima kedatangan Tim Evaluasi SAKIP Inspektorat Provinsi Gorontalo, Rabu (28/08). Foto: Istimewa

60DTK – Gorontalo: Tim Evaluator Inspektorat Daerah Provinsi Gorontalo kembali melaksanakan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada Pemerintah Kabupaten Boalemo, Rabu (28/08).

Kunjungan tim evaluasi tersebut, diterima langsung oleh Wakil Bupati Boalemo Anas Yusuf. Dalam kesempatan itu Anas berharap, nilai SAKIP Kabupaten Boalemo pada tahun 2017 mendapatkan nilai CC akan meningkat menjadi B pada evaluasi SAKIP 2018.

BACA: SAKIP Dan RB Di Gorontalo Banyak Kemajuan

“Untuk peningkatan kualitas SAKIP ini, Pemerintah Kabupaten Boalemo telah berupaya memperbaiki kekurangan yang menyebabkan Kabupaten Boalemo mendapat nilai CC tahun 2017 lalu”, jelas Anas.

Anas mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Boalemo telah melakukan beberapa langkah perbaikan implementasi SAKIP, di antaranya yaitu; mengintegrasikan aplikasi e-perencanaan dengan SIMDA Keuangan.

BACA: Inspektorat Gorontalo Gelar Rapat Penilaian Dokumen Perencanaan SAKIP Dinas PRKP

“Dengan aplikasi ini diharapkan dapat menjaga konsistensi antar dokumen perencanaan strategis, perencanaan tahunan dengan penganggaran”, ungkapnya.

Rivay Bumulo yang mewakili Inspektur dalam memimpin Tim Evaluator berharap, ada upaya peningkatan nilai SAKIP dari 2 kabupaten yang dievaluasi pekan ini. Sesuai tindak lanjut dari Kementerian PAN dan RB, Kabupaten Boalemo dan Kabupaten Gorontalo Utara.

BACA: SAKIP Pemprov Gorontalo Naik 3 Poin

“Evaluasi implementasi SAKIP ditujukan untuk menilai akuntabilitas pencapaian hasil (outcome) atas penggunaan anggaran dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang berorientasi hasil (result oriented government)”, ujar Rivay.

Rivay menambahkan, dalam evaluasi yang dilaukan kali ini berdasar pada lima komponen penilaian yakni; perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal serta capaian kinerja.

Dalam kunjuangan evaluasi ini, juga turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah yang didampingi oleh 15 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Boalemo. (rls/adv)

Pos terkait