Kick Off Penginputan Renja di SIPD Dibuka Sekretaris Daerah

60DTK, Gorontalo – Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba membuka kick off penginputan Rencana Kerja (Renja) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tahun 2022 pada Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), Rabu (24/3/2020).

Darda dalam sambutannya mengatakan tahun 2022 merupakan tahun terakhir pelaksanaan pembangunan dalam periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022.

Artinya lanjut Darda pelaksanaan pembangunan tahun 2022 nanti memiliki peran yang sangat penting dan strategis bagi Pemerintah Provinsi Gorontalo, karena Pemerintah Provinsi dituntut untuk dapat memberikan apa yang telah dirumuskan dalam RPJMD.

“Ingat ini adalah tahun terakhir dalam RPJMD. kita memiliki PR terakhir dalam menuntaskan RPJMD. Pak Budi (Kaban Bapppeda) tadi menjelaskan di dalam RPJMD itu ada pekerjaan pekerjaan yang belum tuntas, ini yang harus kita pacu lagi,” ujar Darda.

Kick Off Penginputan Renja di SIPD Dibuka Sekretaris Daerah
Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba (kiri) memberikan sambutan pada pembukaan kick off penginputan Rencana Kerja (Renja) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tahun 2022 pada sistem informasi pemerintaan daerah (SIPD), Rabu (24/3/2020). Foto: Nova.

Darda menambahkan dalam penginputan Renja OPD di SIPD memiliki kebijakan, di antaranya penginputan sudah menggunakan rincian belanja, SSH yang digunakan adalah SSH yang tersedia di SIPD.

Selain itu pada tahap penginputan awal, tidak ada batasan pagu. Setiap OPD harus berkoordinasi dan konsilidasi dengan Bidang Mitra di Bapppeda untuk kesepakatan pagu di tahun 2022. Penginputan Renja diupayakan sudah selesai sebelum Musrembang Provinsi dilaksanakan.

“Jadi diisi semua. Saran saya pak Budi karena ini tahun terakhir, diisi ke dalam sistem itu semua kegiatan yang prioritas dan yang non prioritas untuk menuntaskan RPJMD 2017-2022, agar ketika kita nanti menyusun pertanggung jawabannya semua sudah ada di dalam sistem,” imbuh Darda.

Darda berharap keseriusan semua OPD melalui sekretaris dan kasubag perencanaan dalam merumuskan RKPD dan penginputan Renja OPD, serta memperhatikan target utama daerah yang telah ditetapkan.

“Tolong dibicarakan dengan Pak Budi kalau ada yang kurang pas apalagi tahun ini merupakan tahun terkahir. Ingat penuhi juga semua Renstra OPD masing-masing,” tukasnya. (adv)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles