Kinerja OPD Pemprov Gorontalo Semakin Baik Dari Tahun ke Tahun

  • Whatsapp
Wagub Gorontalo, Idris Rahim (kiri), saat menyerahkan SAKIP Award kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, Kamis (22/07/2021). (Foto: Haris)

60DTK, Gorontalo – Akuntabilitas kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Gorontalo dari tahun ke tahun terus membaik.

Hasil evaluasi akuntabilitas kinerja tahun 2020 menunjukkan, 12 OPD Provinsi Gorontalo memperoleh nilai B atau kategori baik dengan rentang nilai berkisar antara 60,01 hingga 69,84, dan 20 OPD lainnya dengan rentang nilai 70,06 hingga 77,26 berhasil mencapai nilai BB atau sangat baik.

Bacaan Lainnya
Wagub Gorontalo, Idris Rahim (kiri), saat menyerahkan SAKIP Award kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, Kamis (22/07/2021). (Foto: Haris)

“Alhamdulillah untuk tingkatan OPD Provinsi Gorontalo tidak ada lagi yang nilai akuntabilitasnya C. Kalau dua tahun lalu masih ada OPD yang nilai C, dan tahun lalu masih banyak yang nilai B, maka tahun ini yang memperoleh nilai BB sudah lebih banyak,” ungkap Inspektur Provinsi Gorontalo, Sukril Gobel dalam paparannya pada SAKIP Award 2021 tingkat Provinsi Gorontalo di Hotel Aston, Kota Gorontalo, Kamis (22/07/2021).

Sukril menjelaskan, komponen penilaian SAKIP ini meliputi perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal, serta capaian kinerja.

Perencanaan kinerja meliputi 39 indikator, pengukuran kinerja 20 indikator, pelaporan kinerja 16 indikator, serta untuk evaluasi internal dan capaian kinerja masing-masing 12 dan 6 indikator.

Sementara itu, Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Gorontalo, Aryanto Husain menuturkan, strategi yang dilakukan untuk meningkatkan SAKIP Provinsi Gorontalo antara lain menindaklanjuti rekomendasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, membentuk Tim Peningkatan Nilai SAKIP, serta memberikan apresiasi kepada pimpinan OPD sebagai pemimpin perubahan.

Menurutnya, SAKIP Award yang diberikan kepada pimpinan OPD yang berhasil mencapai nilai SAKIP tertinggi bertujuan mendorong komitmen penyelenggaraan SAKIP yang baik, meningkatkan kualitas tata kelola, serta mendorong efektivitas penggunaan anggaran.

“Pimpinan OPD itu sebagai engine perubahan menuju penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien,” ujarnya. (adv)

 

Sumber: Gorontaloprov.go.id

Pos terkait