KONI Siapkan Pekan Olahraga Provinsi Untuk Desember Mendatang

  • Whatsapp

60DTK, Gorontalo – KONI Provinsi Gorontalo menggelar rapat bersama Panitia Pekan Olahraga Provinsi (Porprop). Rapat tersebut berlangsung di Kantor KONI Provinsi Gorontalo, Selasa (4/10/2022).

Rapat yang digelar ketiga kalinya itu dipimpin oleh
Ketua Umum KONI Provinsi Gorontalo, Fikram Salilama.

Bacaan Lainnya

Selain Fikram, turut hadir juga Sekertaris KONI Provinsi Gorontalo, Safrudin Amir; Ketua Panitia, Yakob Tangahu; panitia inti lainnya, serta masing-masing bidang.

“Pada rapat bulan puasa kita melaksanakan rapat dan menetapkan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi itu pada tanggal 9 September 2022 tetapi masih terkendala dengan anggaran sehingga ditunda pada bulan Desember,” ungkap Ketua KONI Provinsi Gorontalo, Fikram Salilama.

“Pertimbangan pada saat itu terkait anggaran yang belum tersedia sehingga kita menunggu anggaran perubahan dan sesuai kesepakatan peserta rapat kita telah tetapkan Porprov dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2022,” imbuhnya.

Fikram membeberkan, Porprov ini harus dilaksanakan mengingat KONI Pusat telah mempertanyakan terkait Porprov Gorontalo.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh panitia harus proaktif menjalankan tugas sesuai dengan fungsi masing-masing bidang. Porprov ini tidak hanya sukses pembukaan tetapi yang lebih penting sukses pelaksanaan pertandingan.

“Saya minta kepada Ketua Panitia agar segera mengoordinasikan kepada nama-nama di masing-masing bidang yang masuk dalam SK kepanitiaan. Tanyakan bagaimana kesiapannya, karena mau undang rapat saja susah hadir. Kkhawatirnya pada saat pelaksanaannya nanti akan sama seperti ini,” tegasnya.

Ia juga meminta agar panitia segera melakukan koordinasi dengan KONI kabupaten/kota untuk mendapatkan data terkait cabang olahraga yang terdaftar di KONI masing-masing, dan akan dikaji bersama untuk dipertandingkan di Porprov tahun 2022 ini.

“Porprov ini sebagai ajang untuk menyeleksi cabang olahraga yang potensial bagi Provinsi Gorontalo menuju pra-PON 2023 mendatang, sekaligus diharapkan mampu lolos ke PON 2024,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu peserta rapat pun mengusulkan 17 cabang olahraga untuk dipertandingkan. Dari Jumlah ini, sebagian besar masuk dalam Desing Besar Olahraga Nasional (DBON).

Adapun 17 cabang olahraga (cabor) tersebut di antaranya atletik, taekwondo, renang, karate, sepak takraw, tinju, bilyard, pencak silat, bulutangkis, voli, tenis meja, e-sport, catur, boxing, futsal, basket, dan kempo.

Meski begitu, bagi cabor yg tidak dipertandingkan di Porprov bukan berarti tidak masuk dalam pra-PON, tapi tetap akan diakomodir melalui kejuaraan yang diselenggarkan masing-masing pusat.

Namun, jumlah cabor ini masih bersifat sementara dan akan dilakukan verifikasi panitia pertandingan.

Sebagai informasi, tempat pelaksanaan pertandingan Pekan Olahraga Provinsi Gorontalo tahun 2022 ini akan dipusatkan di Kota Gorontalo.

Pos terkait