KPU RI Nilai Provinsi Gorontalo Salah Satu Daerah Terbaik Pengelolaan Daftar Pemilih

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menilai Provinsi Gorontalo menjadi salah satu daerah terbaik di Indonesia dalam hal pengelolaan daftar pemilih Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.

KPU RI melihat, KPU di Kabupaten Gorontalo, Bone Bolango, dan Pohuwato, telah melaksanakan berbagai tahapan Pilkada, khususnya Pencocokan dan Penelitian (Coklit) dan sosialisasi pelaksanaan protokol kesehatan saat pemungutan suara dengan cukup baik.

“Gorontalo salah satu Provinsi terbaik dalam pengelolaan daftar pemilih. Maka kami ingin mengapresiasi hal tersebut dengan memastikan yang sudah baik menjadi semakin baik,” ungkap Komisioner KPU RI, Viryan Azis, usai sosialisasi peran perempuan dalam peningkatan partisipasi pemilih Pilkada 2020, di Rumah Adat Bantayo Poboide, Kabupaten Gorontalo, Selasa (25/8/2020).

Baca Juga: KPU Kabupaten Gorontalo Matangkan Kesiapan Tahapan Pendaftaran Pasangan Calon

Terlepas dari hal itu, Viryan tetap berharap supaya penyelenggaraan Pilkada di tiga daerah di tanah Serambi Madinah itu tetap berjalan dengan baik, dalam artian berlangsung dengan kualitas diatas rata-rata.

“Kami sedang menyiapkan sistem informasi rekapitulasi eletronik (e-Rekap), yang hari ini dilakukan simulasi di Jakarta. Mudah-mudahan salah satu daerah yang akan menerapkan sistem ini dengan maksimal (daerah pilot projek-red), ada di Gorontalo,” pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Kabupaten Gorontalo, Rasyid Sayiu, mengaku sangat bersyukur karena kinerja KPU di daerah mendapatkan apresiasi dari KPU Pusat. Hal itu ia sampaikan terlepas dari masih ada beberapa tahapan Pilkada yang masih akan berlangsung.

Baca Juga: Masa Kerja PPDP Berakhir, Coklit Di Kabupaten Gorontalo Rampung 100 Persen

“Kita bersyukur mendapatkan apresiasi dari Komisioner KPU Pusat. Ini adalah prestasi bersama baik teman-teman PPDP, PPS dan PPK,” ungkap Rasyid.

Disinggung terkait harapan agar Kabupaten Gorontalo terpilih menjadi salah satu daerah pilot proyek penerapan e-Rekap, Ia menyerahkan keputusan kepada KPU Pusat.

“Kita serahkan sepenuhnya kepada KPU RI. Kan beliau menyebut ada salah satu, tanpa menyebut daerah mana. Di Gorontalo kan ada tiga daerah yang menyelenggarakan pilkada,” tandasnya. (adv)

 

 

 

Pewarta: Andrianto Sanga