Makanan CJH yang Mudah Basi akan Kena Razia

  • Whatsapp
Plt. KKP Gorontalo Syarif Katili saat dimintai keterangan terkait pemeriksaan makanan calon Jemaah Haji pada kloter 27, Kamis (25/07/2019). Foto: Istimewa

60DTK – Gorontalo Mengantisipasi adanya beberapa bahan makanan yang di bawah oleh calon Jemaah Haji (CJH) asal Kota Gorontalo pada kloter ke-27, kantor Kesehatan Pelabuhan Gorontalo akan melakukan verifikasi makanan yang mudah basi, Kamis (25/07/2019).

Menurut penjelasan Plt. KKP Gorontalo, Syarif Katili mengatakan, tujuan razia makan para CJH itu dilakukan untuk memverifikasi beberapa jenis makan yang tidak bisa lagi dikonsumsi setelah beberapa hari.

Bacaan Lainnya

“Jadi ini bagian dari mengantisipasi jangan sampai terdapat makanan yang tidak akan bertahan lama. Kalau makanan punya masa kedaluwarsanya tentu kami tidak tahan, asalkan habis pada saat itu juga,” kata Syarif kepada awak media.

Apalagi hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit yang ditimbulkan oleh makanan yang nantinya akan berdampak buruk bagi kesehatan CJH.

“Sebentar akan ada pemeriksaan tahap ketiga. Tahap ketiga ini tentu kita lihat fisiknya. Dan tentu titik beratnya kepada penyakit tidak menular. Kedua kepada wanita usia subur, jadi apakah ia hamil atau tidak. Kemudian yang menderita penyakit menular” lanjutnya.

Ia juga menyampaikan setelah dilakukan pemeriksaan, hasil dari rekomendasi KKP Gorontalo akan diserahkan ke pihak Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi antara Provinsi Gorontalo.

“Nanti setelah selesai melakukan semua pemeriksaan, hasilnya akan kita serahkan kepada pihak panitia penyelenggara ibadah Haji,” tukasnya.

Diakhir wawancara, Ia pun berharap agar para calon Jemaah Haji ini untuk fokus melakukan ibadah dan membatasi diri dengan kegiatan-kegiatan luar.

Penulis: Efendi

Pos terkait