#Marvel Berduka: Legendaris Stan Lee Meninggal Dunia

  • Whatsapp
Stan Lee meninggal dunia diusia 95 tahun, Senin (12/11/18) di California Amerika Serikat. (Foto: google.id)

60DTK-SOSIAL: Siapa yang tidak kenal dengan Stan Lee ?, Ia adalah legenda komik dunia. Pria pencipta karakter Iron Man, Spider Man dan lain-lain dikabarkan oleh putrinya JC meninggal dunia di usia 95 tahun. Sontak kabar ini membuat netizen #Marevel langsung beramai-ramai menggungkapkan rasa kehilangan atas meninggalnya bapak komik dunia tersebut. Semasa hidupnya Stan Lee banyak melahirkan tokoh-tokoh komik paling kuat, sehingga banyak yang bilang Ia adalah “tokoh paling kuat di Marvel”.

Stan Lee merupakan sosok yang berjasa saat memimpin Marvels Comic dari unit kecil hingga menjadi sebuah perusahaan besar. Dialah pencetus super herro seperti Hulk, Thor, Captain Amerika dan lainnya. Tanpa Stan Lee, mungkin saja kita tak pernah melihat film Avengers di bioskop. Stan Lee memulai karirnya sebagai asisten pada 1939, pekerjaanya saat itu mengisi wadah tinta bagi para komikus seperti meruncing pensil hingga menghapus goresan pensil untuk gambar yang diberi tinta. Selain itu, Ia juga pernah bergabung dengan militer AS ( Angkatan Darat) dalam perang dunia II.

Karya pertama Stan Lee muncul dari Marvel Fantastic Four. Bersama Marvel, Ia membuat revolusi komik pada dekade 60-an. Marvel dikenal mempunyai ciri khusus dibanding keluaran DC (komik yang menaungi batman dan justice league). Yang paling menarik pembaca komik Marvel ialah dari cara penentuan karakter setiap super herro serta gaya penuturannya. Hal ini terlihat dari karakter seorang Iron Man dan Spider Man yang lucu dalam bertingkah. Untuk melahirkan ide-ide tersebut, Stan Lee selalu berdiskusi dengan para seniman sebelum membuat kisah cerita.

Ia menyadari, bahwa komik mempunyai pengaruh yang efektif dalam melakukan setiap perubahan khusunya dalam dunia seni. Stan Lee pernah membuat komik Spider Man sebagai gerakan sosial untuk menggalang kampanye anti penyalahgunaan obat-obatan. Disamping itu, Ia juga pernah menggunakan komik dalam aksi anti rasisme. Atas dedikasi Stan Lee di dunia komik, Ia dinobatkan dalam berbagai pengharagaan yang tercatat dalam “Will Einer Comic Book of Fame”.

Semua hal di atas tercatat sebagai sejarah di mata dunia, hingga kini bapak komik itu telah menghembuskan nafas terakhirnya kemarin, Senin (12/11/18) di California Amerika Serikat. Selamat jalan bapak komik. (rds)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan