Masyarakat Diminta Patuhi Surat Edaran Pemerintah Kota Soal Antisipasi Badai Siklon Tropis

60DTK, Kota Gorontalo – Pemerintah Kota Gorontalo, mengeluarkan surat edaran tentang kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana, akibat bibit siklon tropis 94W, atau dikenal dengan siklon tropis surigae, Sabtu (17/4/2021).

Ada 6 poin penting dalam surat edaran yang harus benar-benar dipahami oleh masyarakat. Pertama, seluruh masyarakat di wilayah Kota Gorontalo, agar selalu berhati-hati dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari di luar rumah.

“Karena berpotensi cuaca ekstrim akibat siklon tropis siregae,” bunyi surat edaran tersebut.

Kedua, jika terjadi cuaca ekstrim berupa hujan lebat atau angin kencang, masyarakat diluar rumah kiranya mencari tempat berlindung yang aman. Guna menghindari terjadinya kejadian pohon tumbang.

Posko Terpadu Siaga Bencana
Posko Terpadu Siaga Bencana, yang Dibangun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gorontalo, Guna Mengantisipasi dan Menanggulangi Terjadi Bencana Bibit Siklon Tropis 94W yang Diperkirakan akan Menghantam Sulawesi dan Gorontalo. (Foto: Istimewa)

Ketiga, seluruh masyarakat di wilayah kota Gorontalo agar kiranya dapat memeriksa kembali kondisi bangunan atau rumah yang ditempati.

“Hal itu dilakukan untuk menjaga kita tetap aman, ketika terjadi cuaca ekstrim berupa angin puting beliung dan hujan lebat,” lanjut surat edaran.

Baca Juga: Gelar Du’a Lo Ulipu, Marten: Masyarakat Harus Menjunjung Tinggi Moral dan Akhlak

Keempat, seluruh masyarakat kota yang berada di daerah rawan longsor, terutama yang berada di wilayah pegunungan atau perbukitan kecamatan Dumbo Raya, Hulonthalangi dan Kota Barat, agar selalu waspada dan siaga potensi terjadinya bencana tanah longsor.

Kelima, seluruh masyarakat yang berada di daerah rawan banjir, terutama yang berada di bantaran sungai Bone dan Bolango, agar selalu waspada dan siaga terhadap bencana banjir.

Terakhir, yang keenam bila terjadi bencana di daerah kita, agar segera menghubungi nomor telfon darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pemadam Kota Gorontalo, di nomor 0435-822602 atau HP 082259934143. (adv)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles