Nelson Minta Nakertrans Kurangi Angka Pengangguran

  • Whatsapp
Loker
Ilustrasi Pelamar Kerja. (Sumber : Huffingtonpost.com)

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Masalah pengangguran di Kabupaten Gorontalo masih menjadi perhatian Pemerintah Daerah. Saat ini, angka pengangguran di Kabupaten Gorontalo tercatat sebesar 3,2%.

Dalam beberapa kesempatan, Bupati Nelson Pomalingo, selalu mengatakan bahwa  angka tersebut terbilang cukup kecil. Pasalnya, Kabupaten Gorontalo memiliki jumlah penduduk yang cukup besar yakni 397.206 orang (data BPS Kabgor pada Oktober 2019).

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Terjadi Perubahan Item Regulasi, Pemkab Gorontalo Dan KPU Adendum NPHD

Meski dianggap kecil, Bupati Nelson menegaskan bahwa penurunan angka pengangguran di Kabupaten tertua di Provinsi Gorontalo itu, terus menjadi perhatian jajaran pemerintahannya.

“Saya sudah tekankan kembali ke Dinas Tenaga Kerja supaya bagaimana tenaga kerja ini punya data yang baik, membuka lapangan kerja dan lain-lain,” kata Nelson usai mengunjungi Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Gorontalo, Kamis (25/06/2020).

Bupati bergelar Profesor itu menambahkan, penurunan angka pengangguran begitu penting dilakukan. Sebab, pengangguran sendiri akan sangat berpengaruh pada banyak sektor seperti perputaran ekonomi dan kesejahteraan sosial.

Baca Juga: Bupati Nelson Harap Agustus Nanti Sudah Ada PAW Wakil Bupati

Pada kesempatan yang sama, Kepala Disnakertrans, Titianto Pauweni mengatakan, penurunan angka kemiskinan juga sebagai upaya pemerintah dalam menekan kesenjangan antara angka pengangguran dan kemiskinan.

Menurutnya, jika melihat tingkat kemiskinan yang masih berada di angka 18%, menunjukkan bahwa masih ada masyarakat yang sudah memiliki pekerjaan namun tetap tergolong miskin. Itu disebabkan oleh gaji yang mereka dapatkan tidak dapat memenuhi kebutuhan. (adv)

 

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait