Pasien 04 Dinyatakan Sembuh, Tersisa 3 Pasien Covid-19 di Trenggalek

60DTK, Trenggalek – Pasien 04 positif Covid-19 di Kabupaten Trenggalek, dinyatakan sembuh usai swab test ke tiga. Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, dalam konferensi pers, Sabtu (23/05/2020).

Diketahui, pasien 04 ini adalah pria 43 tahun asal Kecamatan Gandusari, yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab test pertama pada tanggal 12 Mei 2020.

Baca juga: Bupati Trenggalek Kunjungi Warganya Yang Diisolasi Di Asrama Balai Diklat BKD

Nur Arifin membeberkan, pasien 04 ini dinyatakan sembuh, setelah pada 13 mei 2020 lalu dinyatakan negatif Covid-19 oleh salah satu laboratorium swasta (Prodia), berdasarkan swab test kedua. Setelah itu, pada tanggal 18 Mei 2020, pasien tersebut kembali melakukan swab test di Lab Premiere, dan hasilnya juga negatif.

“Karena dua kali hasil swab test negatif, maka pasien ini telah dinyatakan sembuh dari virus corona. Sedangkan kontak erat pasien 04 yang terdiri dari istri, 3 anak, dan 1 menantu juga telah menjalani isolasi lebih dari 14 hari, dan rapid test dua kali nonreaktif,” beber Nur Arifin.

Baca juga: Bertambah 2 Pasien Positif Covid-19, Ini Langkah Pemkab Trenggalek

Sementara itu, Nur Arifin mengaku, untuk menyikapi kesembuhan pasien 04 ini, pihaknya akan mengambil beberapa langkah, salah satunya menginstruksi Dinas Kesehatan untuk menerbitkan surat keterangan sehat kepada pasien 04.

Namun Ia menegaskan, meskipun sudah sembuh, pasien 04 ini harus tetap disiplin memakai masker, tetap melakukan physical distancing, dan diimbau untuk sering cuci tangan dan mematuhi segala bentuk protokol kesehatan yang ada.

Baca juga: Penyaluran BLT DD Tahap 1 Di Trenggalek, Tuntas 100 Persen

Sebagai informasi, karena pasien 04 telah dinyatakan sembuh, maka pasien positif Covid-19 di Kabupaten Trenggalek tersisa 3 orang, yaitu pasien 02, pasien 03, dan pasien 05, yang masih menjalani isolasi hingga saat ini. (adv)

 

Pewarta: Hardi Rangga

Comments are closed.