Pedagang Prediksi Harga Minyak Tanah Melonjak Saat Tumbilotohe

60DTK-KABGOR – Empat hari jelang malam tumbilotohe di Gorontalo, harga minyak tanah di Pasar Shoping Limboto masih terpantau stabil yakni Rp.13.000 per liter, Senin (27/05/2019).

Meski demikian, beberapa pedagang mengaku bahwa kemungkinan besar harga tersebut akan melonjak pada hari H pelaksanaan tumbilotohe.

“Kalau stok minyak tanah semakin sedikit, pasti harganya akan naik pada hari H tumbilotohe,” ungkap salah satu pedagang minyak tanah, Mansur Botutihe kepada awak media.

Baca juga : Menyoal Tentang Tradisi Tumbilotohe, Ini Tanggapan Milenial Gorontalo

Pedagang lainnya, Memus Kadir juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya, berkaca pada tahun sebelumnya, biasanya harga minyak tanah akan naik pada hari pertama tumbilotohe.

“Sekarang ini harga pokok Rp.13.000 per liter. Mungkin kita pengecer akan jual Rp.15.000 per liter,” kata Memus.

Pedagang lain yang ditemui pun rata – rata mengungkapkan hal serupa. Salah seorang pedagang perempuan, Sinta mengatakan, sudah menjadi hal biasa saat malam tumbilotohe harga minyak tanah mengalami lonjakan.

“Kita juga kan jual dengan ukuran botol besar itu harganya Rp.25.000 kalau tahun kemarin. Tahun ini kemungkinan juga akan naik dari harga yang sekarang Rp.22.000,” jelas Sinta.

Diketahui, sejumlah pedagang yang ada rata – rata menjual minyak tanah dengan ukuran botol. Saat ini, untuk ukuran botol besar seharga Rp.22.000 – Rp.23.000. Sementara untuk botol kecil bisa hanya seharga Rp.10.000 – Rp.11.000.

Pewarta : Andrianto Sanga
Editor : Nikhen Mokoginta

QR Code

Comments are closed.