Pekerjaan Pengaman Abrasi Pantai Pentadu Berhasil dibangun

  • Whatsapp
Abrasi Pantai
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan jajarannya meninjau hasil pekerjaan pengaman abrasi Pantai Pentadu di Kecamatan Paguat, Pohuwato, Senin (28/2/2022). Foto: Salman.

60DTK, Pohuwato – Pekerjaan Pengaman Abrasi Pantai Pentadu di Kecamatan Paguat yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021 Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo, berhasil dibangun.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang didampingi Kepala Dinas PUPR, Handoyo Sugiharta dan jajaranya meninjau hasil pekerjaan Abrasi Pantai Pentadu, Senin (28/2/2022).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan hasil pantauan Pekerjaan Tahap I, pengaman abrasi yang berhasil dibangun kurang lebih sepanjang 100 meter. Abrasi ini bertujuan untuk mengamankan warga yang tinggal di sekitar pantai dari luapan laut saat air pasang.

“Sepanjang bibir Pantai Pentadu ini, yang telah selesai kita kerjakan di tahun 2021 kurang lebih panjangnya 100 meter dengan anggaran Rp779 juta. Ini supaya masyarakat sekitar bisa aman untuk tinggal di sekitar Pantai Pentadu. Karena bukan hanya kerugian materi yang dirasakan mereka, tetapi keselamatan juga sering jadi taruhan,” jelas Rusli.

Kata Rusli sesuai rencana, untuk Pekerjaan Tahap II abrasi ini segera dilaksanakan. Ia berharap dinas terkait dan tim pokja segera menemukan pihak ketiga yang bisa bertanggung jawab untuk memulai pekerjaan.

“Tahap I susah selesai, selanjutnya sisanya ada 180 meter dengan anggaran kurang lebih Rp2,3 miliar. Ini yang akan dilanjutkan di Tahun Anggaran 2022, di mana telah selesai dilelang. Program pembangunan pengaman abrasi ini merupakan aspirasi masyarakat lewat teman-teman DPRD perwakilan Boalemo dan Pohuwato,” imbuh Rusli. (ksm)

Pos terkait