Pelayanan Vaksin, Swab, dan PCR di Kabgor Kini Semakin Cepat

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Pelayanan vaksinasi covid-19, pemeriksaan swab antigen, serta PCR di Kabupaten Gorontalo (Kabgor) semakin cepat dilakukan.

Pasalnya, pelayanan-pelayanan ini tidak lagi hanya dilakukan di puskesmas, rumah sakit, atau tempat-tempat tertentu, tapi juga dengan mobil “mobile combat PSC 119”.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, saat meresmikan mobile combat PSC 119 di kompleks GOR David Tonny, Limboto, Senin (5/07/2021). (Foto: Andi 60dtk)

Sejauh ini, sudah ada satu buah mobile combat PSC 119 yang diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, dan siap dioperasikan oleh Dinas Kesehatan (Dikes) setempat dalam melayani masyarakat. Terinformasi, mobil ini seharga Rp3,5 miliar.

expo

“Dengan adanya mobil ini, pelayanan kita kepada masyarakat semakin cepat dan mudah,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabgor, Roni Sampir, pada acara peresmian Gedung PSC 119 di kompleks GOR David Tonny, Senin (5/07/2021).

Tidak hanya itu, kata Roni, dengan adanya mobil ini hasil dari pelayanan-pelayanan itu sendiri juga semakin cepat. Sebagai contoh, hasil PCR yang biasanya harus ditunggu sampai berhari-hari, bisa keluar hanya dalam waktu minimal 45 menit.

“Mulai hari ini mobil ini kita operasikan. Kita sudah punya tiga tim, setiap tim terdiri dari satu dokter, satu perawat, surveilans sama analis. Mereka yang akan bergantian dalam 1×24 jam,” jelasnya.

Dengan adanya mobil tersebut, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengaku memiliki harapan bahwa kasus penularan covid-19 di Kabgor bisa semakin cepat tertangani. Apalagi saat ini, kasus covid-19 di daerah ini mengalami peningkatan.

“Untuk saat ini, mobil ini baru ada satu, dan pelayanannya juga masih gratis. Untuk SOP-nya sendiri, segera kami selesaikan,” tandasnya.

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles