Pemda Pohuwato Hadiri Pelaksanaan Haul ke-54 Guru Tua di Sulawesi Tengah

  • Whatsapp
Bupati Pohuwato didampingi Wakil Ketua DPRD Pohuwato saat menghadiri kegiatan pelaksanaan Haul ke-54 Guru Tua di Sulawesi Tengah, Sabtu (14/05/2022). (Foto: Humas Pemda Pohuwato)

60DTK, Pohuwato – Usai melaksanakan beberapa agenda kerja di Sulawesi Tengah, Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga menyempatkan diri menghadiri kegiatan Haul Guru Tua di Alkhairat Pusat, Haul ke-54 Assayyid Alhabib Idrus Bin Salim Aljufri, Sabtu (14/05/2022).

Selesai mengikuti Haul, Saipul yang didampingi Wakil Ketua DPRD Pohuwato, Idris Kadji menjelaskan bahwa peringatan Haul Assayyid Alhabib Idrus Bin Salim Aljufri atau yang dikenal dengan Guru Tua itu adalah kesempatan untuk menghormati, mengenang, dan mencontohi keteladan yang telah Ia wariskan.

Bacaan Lainnya

“Oleh karena itu, haul bukan semata-semata tradisi keagamaan belaka dalam konteks memperingati riwayat perjuangan seorang tokoh agama terkemuka di suatu daerah atau wilayah, dalam hal ini sosok guru tua yang berperan menyiarkan Islam di Indonesia khususnya di wilayah timur Indonesia, akan tetapi Haul Guru Tua antara lain bertujuan mengenang jasa-jasa perjuangan dan dakwahnya,” jelas Saipul.

Di samping itu, haul ini juga adalah kesempatan langka dalam mempertemukan para umara, para ulama, serta umat Islam di penjuru negeri termasuk umat Islam yang ada di Kabupaten Pohuwato.

“Setiap pelaksanaan haul, ratusan bahkan sampai seribuan umat Islam dari Pohuwato datang untuk menghadiri Haul Guru Tua tersebut. Karena sudah dua tahun tidak dilaksanakan akibat pandemi covid, maka peringatan haul tahun ini dibanjiri masyarakat dari penjuru nusantara termasuk dari Kabupaten Pohuwato,” lanjut Saipul.

“Untuk itu, haul saat ini adalah sebuah kerinduan besar dari umat Islam karena selama dua tahun tidak dilaksanakan,” imbuhnya. (adv)

 

Pewarta: Efendi Hasan

Pos terkait